Apa Itu Gamifikasi? Berikut Pengertian Beserta Contoh Pembelajaran Menggunakan Metode Permainan

- 10 Maret 2022, 21:06 WIB
ILUSTRASI - Apa itu Gamifikasi? Simak penjelasanya berikut ini.
ILUSTRASI - Apa itu Gamifikasi? Simak penjelasanya berikut ini. /pixabay.com/Hase-und-Hase

BERITA DIY - Ramai istilah Gamifikasi. Apa itu Gamifikasi? Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian dari Gamifikasi selengkapnya.

Gamifikasi sendiri merupakan sebuah strategi atau konsep yang menggunakan mekanika berbasis permainan, dimana merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen di dalam game

Strategi Gamifikasi dibuat untuk menarik minat atau ketertarikan suatu kelompok tertentu. Gamifikasi memiliki fungsi sebagai penggugah motivasi seseorang untuk bereaksi, mempromosikan sebuah materi, hingga menyelesaikan permasalahan.

Baca Juga: Apa Itu Ekspansi? Ini Pengertian, Jenis, hingga Cara Melakukan Peningkatan Bisnis

Baca Juga: Tanggal 10 Maret 2022 Hari Apa? Apa itu Hari PARFI, Berikut Sejarah dan Daftar Peristiwa yang Terjadi

Dilansir dari laman direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id, Gamifikasi sebelumnya cenderung lebih sering digunakan dalam dunia pemasaran bisnis. Namun, kini Gamifikasi juga diterapkan dalam dunia pendidikan.

Secara sederhana Gamifikasi ini merupakan sebuah metode pembelajaran dimana menerapkan prinsip kerja sebuah permainan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat dan rasa penasaran target.

Dalam dunia pendidikan sendiri, metode Gamefikasi seringkali digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mengubah perilaku siswa.

Baca Juga: Apa Itu Money Laundry atau Pencucian Uang yang Ditanyakan Netizen Twitter Usai IG Story Nikita Mirzani Viral

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x