Mengenal Pescatarian, Pola Makan Mirip Vegetarian Sekaligus Manfaat yang Diberikan

- 8 Maret 2022, 15:40 WIB
/

BERITA DIY - Berikut merupakan penjelasan mengenai apa itu pescatarian sekaligus manfaat yang akan diperoleh. Pescatarian kembali populer belakangan ini, pescatarian merupakan istilah yang disematkan kepada orang yang mengonsumsi ikan serta makanan laut lainnya (Seafood) ke dalam menu vegetariannya.

Mengutip dari Healthline Selasa, 8 Maret 2022, secara sederhana, pescatarian adalah seseorang yang tidak makan daging, tetapi tetap mengonsumsi ikan atau seafood.

Pola makan ini diklaim sehat, termasuk memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menurunkan risiko obesitas serta penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Baca Juga: Resep Kue Bawang dan Cara Mudah Membuat Camilan Anti Ribet

Nama pescatarian pun berasal dari perpaduan antara bahasa Itali “pesce” yang bermakna ikan dan “tarian” berasal dari “vegetarian”. Beberapa selebriti Hollywood ternyata juga sudah menerapkan pola makan ini seperti, Ariana Grande, Ed Sheeran, A$AP Rocky, dan masih banyak lagi.

Dalam beberapa literatur sains, pescatarian disebut sebagai pesco vegetarian, yang merupakan bagian dari vegetarian.

Pola makan pescatarian terbentuk karena beberapa faktor. Salah satu diantaranya karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ikan dan sangat bermanfaat bagi tubuh, ikan merupakan alternatif lebih ramah lingkungan daripada daging lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Vegan dan Vegetarian: Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

Untuk orang-orang yang sedang mencoba untuk mengontrol pola makan akibat dampak lingkungan, diet pescatarian bisa menjadi salah satu pola makan yang direkomendasikan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah