Jadwal Perayaan Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 dan Rangkaian Acara untuk Umat Hindu di Bali

- 2 Maret 2022, 08:49 WIB
lustrasi jadwal  perayaan Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 dan rangkaian acara untuk umat Hindu di Bali
lustrasi jadwal perayaan Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 dan rangkaian acara untuk umat Hindu di Bali /Pixabay.com/@arnolduspt

BERITA DIY- Simak informasi jadwal  Perayaan Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 dan rangkaian acara untuk umat Hindu di Bali. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah umat Hindu.

Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1944 merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan kalender atau penanggalan Saka. Penanggalan Saka dimulai pada tahun 78 Masehi. Perayaan Nyepi 2022 jatuh pada Kamis, 3 Maret.

Perayaan Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas, semua kegiatan ditiadakan termasuk pelayanan umum seperti Bandar Udara Internasional pun ditutup kecuali rumah sakit tetap buka.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). Sebelum tiba Hari Raya Nyepi, ada beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu khususnya di Bali diantaranya:

Baca Juga: Kapan Libur Hari Raya Nyepi? Simak Daftar Hari Besar Bulan Maret 2022, Tanggal Merah Berapa Hari?

Melasti

Melasti merupakan rangkaian upacara pertama yang dilakukan umat Hindu sebelum Hari Raya Nyepi. Melasti atau Melelasti artinya menghanyutkan kotoran alam dengan air kehidupan.

Tawur/Mecaru

Tawur adalah upacara penyucian (Bhuta Kala), membasmi segala kotoran yang dilakukan di setiap rumah, desa, dan wilayah lainnya. Pelaksanaan Tawur/Mecaru dilakukan sehari sebelum Nyepi atau disebut hari Tilem Sasih Kesange.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x