Awal Mula Kenapa Rusia Menyerang Ukraina dan Apa Penyebab Konflik yang Disebut Bisa Picu Perang Dunia 3?

- 28 Februari 2022, 17:52 WIB
Awal mula kenapa Rusia menyerang Ukraina dan apa penyebab konflik yang disebut bisa picu perang dunia 3?. Karena apa?
Awal mula kenapa Rusia menyerang Ukraina dan apa penyebab konflik yang disebut bisa picu perang dunia 3?. Karena apa? /MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Ketahui awal mula kenapa Rusia menyerang Ukraina dan apa penyebab konflik yang disebut bisa picu perang dunia 3?. Karena apa?.

Seperti diketahui, perang antara Rusia vs Ukraina dimulai dengan operasi militer yang diumumkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Hingga 26 Februari 2022, perang antara Rusia vs Ukraina telah menewaskan 198 orang. Tentu tindakan Rusia tersebut menarik perhatian mata dunia.

Pengamat kebijakan luar negeri Rusia dan resolusi konflik di Post-Soviet Space dan Yaman, Revy Marlina mengungkapkan mengapa Ukraina begitu penting bagi Rusia.

Dikutip dari Antara, walaupun pada 1991 USSR telah bubar dan menjadi Rusia, diakui jika Rusia yang memiliki sejarah sebagai negara besar tidak ingin berpindah haluan begitu saja menjadi negara yang liberal dan demokratis.

Memang pada masa Presiden Mikhaïl Gorbatchev Rusia sempat condong ke Barat, hingga mencanangkan untuk membangun "The Common European Home" pada akhir 1980.

Baca Juga: Profil dan Biodata Vladimir Putin dari Hobi, Anak, Masa Kecil, Presiden Rusia Seumur Hidup Ini Punya Nuklir?

Ide ini kemudian disambut oleh Menteri Luar Negeri AS pada saat itu, James Baker, untuk membentuk suatu sistem keamanan yang terdapat di dalamnya AS, Eropa, dan Rusia.

Dapat dibayangkan, aliansi ini akan mencakup dari Vancouver, Kanada hingga Vladivostok, kota yang berada di wilayah Rusia Timur jauh.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x