Resep Cara Membuat Jajangmyeon yang Sering Muncul di Drakor, Ternyata Disebut Makanan Para Lajang

- 22 Februari 2022, 17:20 WIB
Resep dan cara membuat Jajangmyeon yang halal dan mudah yang bisa anda jadikan contoh di rumah agar terjamin kehalalannya.
Resep dan cara membuat Jajangmyeon yang halal dan mudah yang bisa anda jadikan contoh di rumah agar terjamin kehalalannya. /pixabay.com/@lalay

BERITA DIY - Berikut adalah resep dan cara membuat Korean Black Noodles atau yang kerap di sebut dengan jajangmyeon yang halal. Jika anda suka menonton Drakor (Drama Korea), tentunya sudah tak asing sekali dengan makanan satu ini.

Jajangmyeon sendiri merupakan makanan yang sangat populer di Korea Selatan. Sama halnya dengan Kimchi dan Tteokbokki, jajangmyeon begitu digemari oleh masyarakat Korea Selatan.

Jajangmyeon berupa mie tebal dengan saus kedelai hitam yang dikombinasikan dengan daging. Di Korean umumnya menggunakan daging babi.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Asam Manis Ala Restoran Bintang Lima Dijamin Ketagihan

Fakta menariknya, Jajangmyeon adalah makanan yang identik dengan perayaan hari ‘Lajang’. Hal tersebut dikarenakan, para lajang akan menyantap Jajangmyeon sambil memakai busana serba hitam.

Ada tiga hari raya khas Korea Selatan, yaitu Hari Valentine, White Day (Hari Putih), dan Black Day (Hari Hitam). Berbeda dengan Hari Valentine dan White Day, Black Day merupakan hari raya bagi para lajang yang dirayakan setiap 14 April.

Namun, tenyata Jajangmyeon bukan makanan asli Korea. Hidangan ini ternyata terinspirasi dari makanan Zhajiangmian. Zhajiangmian merupakan mie saus goreng khas Provinsi Shandong, China.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Fuyunghai Makanan Sejuta Umat Lengkap dengan Saus Khas Restoran

Hal yang membedakan Jajangmyeon dan Zhajiangmian ialah terletak pada saus kedelai yang digunakan. Saus Jajangmyeon mempunyai rasa yang agak asin dan warnanya lebih hitam dibandingkan dengan Zhajiangmian yang lebih terlihat kemerahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x