Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh: Bahasa Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia, Serta Kapan Waktu Dilaksanakan?

- 14 Februari 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi - Jadwal waktu pelaksanaan dan bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Jadwal waktu pelaksanaan dan bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia. /PIXABAY/15329403

BERITA DIY - Berikut bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia beserta penjelasan kapan waktu dilaksankan.

Bagi ummat Islam terdapat salah satu amalan atau ibadah sunnah yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah ibadah Puasa Ayyamul Bidh atau disebut juga dengan Puasa pada hari-hari putih.

Adanya Puasa Ayyamul Bidh yang disunnahkan untuk dilakukan oleh ummat Islam ini berdasarkan pada beberapa riwayat atau hadist shahih yang telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bacaan Niat Menggabungkan Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh di Bulan Rajab, Bisakah?

Meski demikian, dalam pelaksanannya Puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan beberapa ibadah Puasa yang lain seperti pada bulan Ramadhan dan sunnah Senin Kamis.

Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh Puasa Ayyamul Bidh adalah terkait dengan waktu pelaksanaan. Ibadah sunnah ini memiliki waktu dilaksanakan hampir setiap bulan sepanjang tahun Hijriah.

Sedangkan perbedaan yang lain dalam hal tata cara pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh adalah terletak pada bacaan niat Puasa yang dapat terlebih dahulu dilafalkan pada malam ataupun sebelum matahari terbit.

Baca Juga: Kalender Islam Februari 2022, Jumadil Akhir hingga Rajab 1443 Hijriah: Waktu Puasa Ayyamul Bidh dan Isra Miraj

Waktu Pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh

Terkait dengan banyak pertanyaan kapan waktu pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh sendiri, seperti dari beberapa Hadits diketahui dapat dilakukan dalam 3 hari pada pertengan bulan di tahun Hijriah.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x