Keutamaan Bulan Rajab di Tahun Hijriyah, Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh di Bulan Rajab

- 13 Februari 2022, 12:44 WIB
Keutamaan bulan Rajab dalam kalender Hijriyah, adalah salah satu bulan suci yang dilarang untuk berperang dan berbuat dosa, serta diwajibkan untuk menambah pahala, salah satunya dengan berpuasa.
Keutamaan bulan Rajab dalam kalender Hijriyah, adalah salah satu bulan suci yang dilarang untuk berperang dan berbuat dosa, serta diwajibkan untuk menambah pahala, salah satunya dengan berpuasa. /Keutamaan bulan Rajab dalam kalender Hijriyah, adalah salah satu bulan suci yang dilarang untuk berperang dan berbuat dosa, serta diwajibkan untuk menambah pahala, salah satunya dengan berpuasa.

BERITA DIY – Berikut keutamaan bulan Rajab, serta niat puasa Senin-Kamis pada bulan Rajab beserta artinya.

Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Tahun Hijriyah. Pada tahun ini, tanggal 1 Rajab ditetapkan jatuh pada hari Kamis, 3 Februari 2022.

Bulan Rajab, merupakan bulan yang penting bagi umat Islam. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa tanggal penting dan juga kejadian penting yang terjadi di bulan Rajab, serta kedudukan bulan Rajab sendiri sebagai sebuah bulan yang suci.

Baca Juga: Hikmah Bulan Rajab Berdasarkan Al-Quran dan Hadits, Simak Keutamaan hingga Jadwal Tahun 2022

Bulan Rajab termasuk dalam salah satu dari empat bulan (Rajab, Dzul Qa’dah, Dzulhijjah dan Muharram) yang dimuliakan oleh Allah SWT berdasarkan surat al-Taubat ayat 36, yang berbunyi:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Baca Juga: Fadilah Puasa Rajab Agar Hidup Berkah dan Penuh Rezeki, Dilengkapi dengan Amalan-Amalan Bulan Rajab

Bulan haram yang dimaksud dalam ayat ini, menurut tafsir Kemenag RI, adalah keempat bulan tersebut adalah bulan yang suci dan mulia, dimana kita tidak boleh melakukan perbuatan dosa, termasuk padanya tidak boleh berperang dalam bulan tersebut, kecuali untuk melindungi diri.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x