Hikmah Bulan Rajab Berdasarkan Al-Quran dan Hadits, Simak Keutamaan hingga Jadwal Tahun 2022

- 8 Februari 2022, 15:57 WIB
Ilustrasi - Ada hikmah dan keutamaan yang terkandung dalam bulan Rajab berdasarkan Al-Quran, hadits dan menurut para ulama.
Ilustrasi - Ada hikmah dan keutamaan yang terkandung dalam bulan Rajab berdasarkan Al-Quran, hadits dan menurut para ulama. /PEXELS/Ahmet Polat

BERITA DIY - Simak hikmah bulan Rajab berdasarkan Al-Quran dan hadits, beserta keutamaan dan jadwal bulan Rajab tahun 2022, dari dan hingga tanggal berapa?

Rajab merupakan bulan ke-7 dalam kalender Islam atau Hijriyah. Dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan sebagai 'bulan pujian'. Tak heran jika Rajab memiliki banyak hikman dan keutamaan bagi umat Muslim.

Adapun bulan sebelum Rajab adalah Jumadil Ula dan Jumadil Akhir. Sementara dua bulan setelahnya Syakban dan Ramadhan. Lalu kapan jadwal bulan Rajab tiba pada tahun 2022?

Baca Juga: Bulan Rajab Adalah Bulan Apa? Ada Peristiwa Tentang Apa? Ini Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10

Berdasarkan penanggalan Masehi dan Hijriyah, bulan Rajab jatuh mulai tanggal 2 Februari hingga 3 Maret 2022. Sehingga, Rajab terdiri dari 30 hari sebelum akhirnya masuk Syaban 1443 Hijriyah.

Adapun keistimewaan bulan Rajab menurut Al-Quran tercantum pada Surat At-Taubah ayat 36 yang menjelskan bahwa ada empat bulan yang disebut 'haram'. 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. (Surat At-Taubah:36).

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Rajab, Doa Qadha atau Utang Puasa Ramadan dan Senin Kamis Lengkap Latin dan Artinya

Berdasrkan tafsir Ibnu Katsir, empat bulan yang dimaksud dalam kitab suci adalah Dzul Qadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x