Bulan Rajab Adalah Bulan Apa? Ada Peristiwa Tentang Apa? Ini Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10

- 1 Februari 2022, 17:16 WIB
ILUSTRASI - Simak peristiwa yang terjadi pada bulan Rajab beserta amalan yang dianjurkan tanggal 1 hingga 10.
ILUSTRASI - Simak peristiwa yang terjadi pada bulan Rajab beserta amalan yang dianjurkan tanggal 1 hingga 10. /mohamed_hassan /Pixabay

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang bulan Rajab, peristiwa yang terjadi, hingga amalan yang baik dilakukan tanggal 1 sampai 10.

Tahun Hijriyah akan memasuki bulan ke-7 atau disebut dengan Rajab. Dalam bahasa Indonesia salah satu bulan dalam kalender Islam tersebut memiliki arti 'bulan pujian', sehingga ada amalan yang bagus untuk dilakukan.

Selain memiliki keutamaan tersendiri, bulan Rajab juga memiliki peristiwa penting untuk diingat dan dijadikan renungan bagi umat Muslim.

Baca Juga: Bulan Rajab 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal, Amalan, Doa, dan Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab

Adapun jadwal 1 Rajab 1443 Hijriyah akan jatuh pada hari Rabu, tanggal 2 Februari 2022. Sehingga tanggal 1 Februari adalah penutup  bulan Jumadil Akhir.

Terdapat beberapa peristiwa yang terjadi pada salah satu bulan yang dimulaikan ini, di antaranya Rasulullah SAW pertama kalinya melakukan hijrah ke Habasyah pada usia ke lima tahun kenabian.

Adapula peristiwa kedua yang patut diingat olah umat Islam ialah berpetapan dengan hari lahir Ali bin Abi Thalip tepatnya tanggal 13 Rajab. Dia tercatat sebagai salah satu orang pertama yang percaya terhadap Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Kapan Jadwal Puasa Rajab Dilakukan? Simak Keutamaan dan Bacaan Niat Lengkap dengan Arti Bahasa Indonesia

Peristiwa ketiga yang terjadi pada bulan Rajab yakni terjadinya perang Tabuk pada 630 Masehi atau 9 Hijriyah pada kalender Islam.

Imam Muslim, seorang ulama yang disejajarkan namanya dengan nama imam Al Bukhari menghembuskan napas terakhir pada bulan Rajab. 

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x