Bacaan Niat Menggabungkan Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh di Bulan Rajab, Bisakah?

- 13 Februari 2022, 16:22 WIB
Ilustrasi bacaan doa niat puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh di bulan Rajab 1443 Hijriyah atau Februari 2022.
Ilustrasi bacaan doa niat puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh di bulan Rajab 1443 Hijriyah atau Februari 2022. /PEXELS/khats-cassim-556291

BERITA DIY - Simak bisakah membaca gabungan niat puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh di bulan Rajab, berikut jadwal pelaksanaan di bulan Februari.

Ibadah puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut di setiap tengah bulan kalender Hijriyah. Pada bulan Februari, penanggalan Islam juga tepat pada bulan Rajab.

Ayyamul Bidh atau yang memiliki arti 'puasa putih' dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah, sehingga memiliki jadwal yang berbeda pada bulan Masehi.

Baca Juga: Keutamaan Bulan Rajab di Tahun Hijriyah, Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh di Bulan Rajab

Ustadz Abdu Somad menjelaskan mengapa Ayyamul Bidh disebut sebagai puasa putih, sebab saat itu bulan sedang bersinar sangat terang hingga menerangi bumi yang gelap.

Dia juga mengibaratkan fenomena itu sama seperti manusia yang memiliki banyak dosa ingin kembali putih bagaikan cahaya.

"Maka begitu juga kita manusia yang banyak khilaf, salah, dosa, hitam dengan maksiat ini, ingin putih seputih cahaya. Maka berpuasalah pada hari ke-13, 14, dan 15," jelas UAS.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh Tanggal 13, 14, 15 Februari 2022 Lengkap Arab, Latin dan Bahasa Indonesia

Jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Februari 2022

Berdasarkan kalender Islam 1443 Hijriyah, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada tanggal 13-15 Rajab, di mana jadwal bertepatan dengan tanggal Masehi bulan Februari sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x