Mengenal Apa Itu Fenomena Aphelion, Benarkah Jadi Penyebab Dingin? Serta Perbedaan dengan Perileheon

- 4 Januari 2022, 16:00 WIB
Ini penjelasan Fenomena Aphelion suhu dingin bumi dan perbedaan dengan Perileheon.
Ini penjelasan Fenomena Aphelion suhu dingin bumi dan perbedaan dengan Perileheon. /Instagram/@Lapan.RI

BERITA DIY - Penjelasan mengenai apa itu Fenomena Aphelion yang disebut jadi penyebab dingi, lengkap dengan apa sebenarnya Perleheon yang terjadi besok.

Udara dingin memang akhir-akhir ini terjadi hampir di beberapa wilayah ataupun daerah di Indonesia, adanya hawa tersebut kemudian berkembang informasi menjadi penyebab dari adanya Fenomena Aphelion.

Kabar mengenai udara atau hawa dingin yang dialami dan menjadi penyebab karena adanya Fenomena Aphelion ini sendiri sebelumnya ramai menjadi perbincangan dari netizen yang berada di media sosial.

Baca Juga: Tanggal 21 Desember 2021 Ada Apa? Ini Penjelasan Fenomena Solstis yang Terjadi Besok dan Viral di TikTok

Padahal berdasarkan pada keterangan dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Fenomena Aphelion sendiri merupakan posisi saat bumi berada pada titik yang paling jauh dengan matahari pada beberapa wilayah.

Hal itu kemudian menimbulkan banyak pertanyaan mengenai apa sebenarnya perbedaan Fenomena Aphelion dengan Perileheon yang disebut akan segera dialami oleh bumi tepatnya pada esok hari.

Atas simpang siur informasi tersebut pun kemudian muncul penjelasan dari pihak yang berwenang, dalam hal ini adalah BMKG mengenai penyebab udara dingin benarkah karena adanya Aphelion.

Baca Juga: Fenomena Alam Apa yang Akan Terjadi 21 Desember 2021? Simak Penjelasan Tentang Solstis yang Viral di TikTok

Lebih lanjut, memang tidak ada yang salah dengan penjelasan mengeani arti atau makna dari Fenomena Aphelion yang memang telah rutin terjadi di bumi di waktu-waktu tertentu setiap tahun musim nya.

Namun pihak BMKG sendiri menjelaskan bahwa adanya udara dingin yang mendera beberapa wilayah di bumi tersebut disebabkan bukan karena Fenomena Aphelion seperti yang disebutkan belakangan ini.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x