Gunung Welirang di Mana? Ini Kata BMKG Soal Fenomena Munculnya Awan Merah Disertai Petir

- 14 Desember 2021, 16:45 WIB
Fenomena awan merah di Gunung Welirang, lokasi dan penjelasan BMKG.
Fenomena awan merah di Gunung Welirang, lokasi dan penjelasan BMKG. /Instagram.com/@infobmkgjuanda

BERITA DIY – Berikut lokasi Gunung Welirang yang sempat viral kerena fenoma langit merah dan petir lengkap dengan penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pada Senin, 13 Desember 2021 malan, warganet dihebohkan dengan munculnya foto dan video yang memperlihatkan penampakan langit di Gunung Welirang  yang berwarnaa merah dan disertai dengan petir.

Gunung Weliran sendiri merupakan gunung api aktif yang terletak di antara Kabupaten/Kota Malang, Mojokerto, dan Pasuruan Jawa Timur dan memiliki ketinggian 3.339 mdpl.

Baca Juga: Link Cek Aktivitas Gunung Berapi di Indonesia dan Statusnya, Mulai dari Semeru hingga Merapi

Karena munculnya foto dan video di media sosial yang memperlihatjkan warna langit di atas Gunung Welirang yang berwarna merah disertai petir, warganet pun khawatir bahwa gunung itu akan mengalami erupsi seperti Gunung Semeru.

Namun, kekhawatiran ini telah dibantah oleh BMKG yang memastikan bahwa fenomena tersebut terjadi bukan karena adanya erupsi, dan kondisi Gunung Welirang hingga saat ini masih normal.

Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, Taufiq Hermawan menjelaskan bahwa warna kemerahan pada langit di sekitar Gunung Welirang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh partikel dalam atmosfer.

Baca Juga: Beberapa Gunung Berpotensi Erupsi Setelah Semeru: Simak Hal yang Perlu Disiapkan dan Dilakukan dalam Mitigasi

Partikel tersebut menghasilkan energi rendah dan gelombang panjang yang memunculkan warna kemerahan. Fenomena ini biasa terjadi saat sore hingga malam hari karena semkain rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x