Link Cek Aktivitas Gunung Berapi di Indonesia dan Statusnya, Mulai dari Semeru hingga Merapi

- 8 Desember 2021, 19:00 WIB
Link cek aktivitas gunung berapi di Indonesia, Semeru hingga Merapi.
Link cek aktivitas gunung berapi di Indonesia, Semeru hingga Merapi. /PIXABAY/astama81

BERITA DIY - Masyarakat bisa mengecek aktivitas gunung berapi di Indonesia melalui link yang disediakan pemerintah, termasuk Gunung Semeru di Lumajang. Pemantauan aktivitas gunung api di Indonesia tersebut dilakukan secara real time (berkelanjutan) sehingga masyarakat di sekitarnya bisa mengantisipasi aktivitas gunung berapi.

Seperti diketahui, pada tanggal 4 Desember 2021 lalu terjadi erupsi di Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Guguran awan panas dari Gunung Semeru mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan, hingga warga yang terpaksa mengungsi karena tempat tinggalnya rusak tertimpa material vulkanik. 

Data resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Selasa, 7 Desember 2021 melaporkan koban meninggal dunia sebanyak 34 orang, korban luka-luka 56 jiwa, serta hilang 17 jiwa. Selain itu, semburan awan panas menyebabkan 3.697 penduduk mengungsi serta 2.970 unit rumah terdampak.

Baca Juga: Orang Jawa Wajib Tahu! Legenda Gunung Semeru Jadi Paku Bumi Pulau Jawa dan Ranu Kumbolo Tempat Pemandian Dewa

Baca Juga: Beberapa Gunung Berpotensi Erupsi Setelah Semeru: Simak Hal yang Perlu Disiapkan dan Dilakukan dalam Mitigasi

Baca Juga: Selain Semeru, Ini Daftar Gunung Api yang Masih Aktif dan Status Terbarunya: Ada Merapi hingga Sinabung

Hingga saat ini, BNPB masih terus melakukan pencarian serta pemutakhiran data warga yang dinyatakan hilang dan luka. Sementara itu, Gunung Semeru terpantau mengalami 2 kali gempa letusan dan durasi gempa 55 – 125 detik kemarin. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan terjadi 7 kali gempa guguran dengan durasi 50 – 120 detik.

Selain Gunung Semeru, Indonesia masih memiliki sejumlah gunung berapi yang masih aktif sehingga perlu diwaspadai. Pemantauan aktivitas gunung berapi ini dilakukan oleh PVMBG di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

PVMBG membagi aktivitas gunung berapi dalam empat tingkat atau status. Pertama, Level IV (awas) artinya hasil pengamatan visual dan instrumental teramati mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi. Saat ini, PVMBG tidak mencatat ada gunung berada dalam Level IV.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x