Info dan Sejarah Letusan Gunung Semeru Lengkap: Di Mana, Ketinggian Berapa MDPL hingga Aktif Atau Tidak

- 4 Desember 2021, 20:45 WIB
Info dan sejarah Gunung Semeru lengkap yang meletus hari ini. Mulai dari di mana, ketinggian berapa mdpl, hingga aktif atau tidak.
Info dan sejarah Gunung Semeru lengkap yang meletus hari ini. Mulai dari di mana, ketinggian berapa mdpl, hingga aktif atau tidak. /Tangkapan layar: Instagram.com/@bpptkg

BERITA DIY - Simak info dan sejarah Gunung Semeru lengkap yang meletus hari ini. Mulai dari di mana, ketinggian berapa mdpl, hingga aktif atau tidak.

Gunung Semeru yang terletak di Lumajang, Jawa Timur meletus pada hari ini, Sabtu, 4 Desember 2021, pukul 15.20 WIB.

Hingga kini, Pemerintah belum menerbitkan laporan mengenai jatuhnya korban jiwa, sedangkan visual Gunung Semeru masih tertutup kabut disertai hujan dengan intensitas sedang.

Baca Juga: UPDATE Gunung Semeru Meletus! Puluhan Orang Mengungsi, Gubernur Jawa Timur Tinjau Lumajang Malam Ini

Gunung Semeru sendiri berada dalam satu kelurusan yang berarah selatan-utara dengan komplek Gunung Jambangan dan Pegunungan Tengger. Komplek Gunung Jambangan merupakan yang tertua yang terletak diantara komplek Tengger dan Semeru.

Aktivitas Gunung Semeru terdapat di Kawah Jonggring Seloko yang terletak di sebelah tenggara puncak Mahameru. Letusan Gunung Semeru umumnya letusan abu bertipe vulkanian dan strombolian yang terjadi 3-4 kali setiap jam.

Letusan tipe vulkanian dicirikan dengan letusan eksplosif yang kadang-kadang menghancurkan kubah dan lidah lava yang telah terbentuk sebelumnya.

Sementara letusan bertipe strombolian yang biasanya diikuti dengan pembentukan kubah dan lidah lava baru.

Baca Juga: VIRAL Gunung Semeru Erupsi Keluarkan Awan Panas dan Abu Vulkanik ke Arah Lumajang, Trending di Twitter

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x