UPDATE Gunung Semeru Meletus! Puluhan Orang Mengungsi, Gubernur Jawa Timur Tinjau Lumajang Malam Ini

- 4 Desember 2021, 19:13 WIB
Suasana pengungsian di Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, akibat letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. UPDATE Gunung Semeru meletus atau erupsi: Puluhan orang menungsi, Gubernur Jawa Timur tinjau lokasi bencana, Lumajang, malam ini.
Suasana pengungsian di Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, akibat letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. UPDATE Gunung Semeru meletus atau erupsi: Puluhan orang menungsi, Gubernur Jawa Timur tinjau lokasi bencana, Lumajang, malam ini. /Twitter.com/@MBurhanuddin3

BERITA DIY - Gunung Semeru meletus, puluhan orang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengungsi. Gubernur Jawa Timur tinjau lokasi malam ini.

Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupetan Lumajang dan Malang, Jawa Timur mengalami erupsi atau meletus.

Gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memuntahkan awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada sore ini, Sabtu, 4 Desember 2021.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus atau Erupsi, Merapi Berstatus Tanggap Darurat Bencana Banjir Lahar Dingin Hari Ini

Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto mengatakan letusan Semeru berupa awan panas guguran pada 4 Desember 2021 dimulai dengan luncuran lahar pada pukul 13.30 WIB.

"Pada saat kejadian awal visual, Gunung Semeru tertutup kabut dan awan panas guguran mengarah ke Besuk Kobokan. Hingga kini kejadian itu masih berlangsung," kata Kristianto.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Jawa Timur, Indah Amperawati pihaknya baru menerima laporan ada sekitar 65 orang yang mengungsi.

Baca Juga: Gunung Semeru Terletak di Mana? Ini Profil Gunung yang Saat Ini Erupsi, Meletus, dan Sebabkan Gelap Gulita

Mereka berasal dari Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro yang terletak di dekat puncak Gunung Semeru. 

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x