Gunung Semeru Meletus atau Erupsi, Merapi Berstatus Tanggap Darurat Bencana Banjir Lahar Dingin Hari Ini

- 4 Desember 2021, 18:38 WIB
Gunung Merapi luncurkan lahar dingin beberapa waktu lalu. Gunung Semeru meletus atau erupsi, Gunung Merapi berstatus tanggap darurat bencana banjir lahar dingin hari ini.
Gunung Merapi luncurkan lahar dingin beberapa waktu lalu. Gunung Semeru meletus atau erupsi, Gunung Merapi berstatus tanggap darurat bencana banjir lahar dingin hari ini. /ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

BERITA DIY - Gunung Semeru meletus atau erupsi, Merapi berstatus tanggap darurat bencana banjir lahar dingin mulai hari ini.

Sejak sore hari ini, Sabtu, 4 Desember 2021, dua gunung api yang masih aktif di Indonesia, Gunung Merapi dan Gunung Semeru trending di twitter.

Kata kunci "Merapi" dan "Semeru" memuncaki trendik topik di twitter dengan lebih dari puluhan ribu.

Baca Juga: Mengenal Gunung Semeru yang Erupsi: Ada Puncak Mahameru, Bromo, Ranu Kumbolo, dan Letaknya di Mana

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi dengan dua gunung ini? Berikut informasi selengkapnya.

Sebagai informasi, gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru, yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meletus atau erupsi.

Gunung yang memiliki Pucak Mahameru ini memuntahkan awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal dan membuat sebagian wilayah di sekitarnya gelap gulita.

Baca Juga: Gunung Semeru Terletak di Mana? Ini Profil Gunung yang Saat Ini Erupsi, Meletus, dan Sebabkan Gelap Gulita

Letusan Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) ini membuat sebagian besar daerah di sekitarnya mengungsi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x