Beberapa Gunung Berpotensi Erupsi Setelah Semeru: Simak Hal yang Perlu Disiapkan dan Dilakukan dalam Mitigasi

- 7 Desember 2021, 16:10 WIB
Upaya mitigasi disiapkan dan dilakukan saat Gunung erupsi
Upaya mitigasi disiapkan dan dilakukan saat Gunung erupsi /ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO

BERITA DIY - Simak beberapa hal yang perlu untuk disiapkan dan dilakukan dalam rangka mitigasi bencana Gunung erupsi di setelah Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Gunung Semeru beberapa waktu lalu telah melakukan erupsi yang dikethaui terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021 pada sore hari dan menyebabkan kepanikan bagi beberapa warga sekitar.

Dari erupsi Gunung Semeru yang telah terjadi tersebut, diketahui beberapa Gunung pun kemudian berpotensi untuk adanya erupsi dalam beberapa waktu yang akan datang di berbagai tempat di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Rumini yang Meninggal Dunia Berpelukan dengan Sang Ibu Saat Erupsi Gunung Semeru

Hal ini diketahui berdasarkan catatan mengenai status beberapa Gunung di Indonesia yang memiliki tingkat yang tinggi. Beberapa Gunung hingga kini diketahui berada pada status atau Level Siaga III.

Meski demikian, bagi masyarakat yang berada atau tinggal di sekitar Gunung yang berada pada Level III maupun berpotensi erupsi tak perlu khawatir, namun tetap harus waspada dan mengetahui beberapa hal yang perlu disiapkan dan dilakukan.

Beberapa hal memang diketahui perlu untuk disiapkan dan dilakukan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung yang berpotensi akan erupsi. Hal ini memiliki beberapa tujuan yang nantinya dapat dicapai.

Baca Juga: Gunung Semeru Hari Ini: BMKG Dukung Mitigasi Erupsi dengan Pasang Dashboar Khusus, Cek Cuaca di Sini

Dengan mengetahui beberapa hal yang harus disiapkan dan dilakukan saat terjadi Gunung erupsi membuat masyarakat tak terlalu panik dan dapat bersikan waspada serta mengambil langkah yang konkret.

Pengambilan langkah yang tepat saat terjadinya erupsi di beberapa Gunung tersebut nantinya akan membantu masyarakat untuk dapat mengamankan keselamatan keluarga, diri sendiri, maupun masyarakat sekitar yang lainnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa

Sumber: bpbd.jogjaprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x