Legenda Gunung Semeru: Dibawa dari India oleh Kura-kura hingga Mitos Ramalan Pulau Jawa Terbelah

- 5 Desember 2021, 21:03 WIB
Potret gunung Semeru sebelum letusan 4 Desember 2021 beserta legenda dan mitos yang dipercayai oleh masyarakat.
Potret gunung Semeru sebelum letusan 4 Desember 2021 beserta legenda dan mitos yang dipercayai oleh masyarakat. /PIXABAY/astama81

BERITA DIY - Simak legenda tentang gunung Semeru yang beredar di masyarakat Indonesia. Diketahui gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut meletus kemarin sore pada Sabtu, 4 Desember 2021, sekitar pukul 15:20 WIB,

Akibat dari letusan gunung Semeru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan ada 14 orang meninggal dunia, puluhan orang mengalami luka dan 5.205 jiwa menjadi korban hingga berita ini ditulis.

Dibalik letusan gunung Semeru yang bisa dianalisa secara ilmiah, ada beberapa legenda atau mitos tentang keberadaan gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl tersebut. 

Baca Juga: Terkini! Info Erupsi Gunung Semeru Lumajang Hari Ini, Usai Meletus 4 Desember 2021, BNPB: 13 Orang Meninggal

Satu yang paling terkenal tentang asal-usul gunung Semeru adalah dikatakan berasal dari tanah India. Kitab suci Tantu Pagelaran di abad ke-15 mengisahkan pulau Jawa dahulunya terombang-ambing di Samudera luas.

Karena sering terguncang, Para Dewa memutuskan untu memindahkan gunung Meru di India  sebagai paku pulau Jawa agar tak lagi terombang-ambing.

Kepindahan gunung Meru ke pulau Jawa dibawa oleh Dewa Wisnu yang berubah menjadi seekor kura-kura raksasa. Sang Dewa menggendong gunung di atas punggungnya.

Baca Juga: Pasca Erupsi Semeru: Hari Ini Kepala BNPB Datang ke Lumajang Pastikan Penanganan Darurat

Selain itu Dewa Brahma membantu misi Para Dewa dengan berubah menjadi ular panjang. Dia melilitkan tubuhnya ke gunung dan tubuh kura-kura agar aman sampai ke pulau Jawa.

Ketika memasuki pulau Jawa, beberapa bagian gunung Meru tercecer di bagian barat pulau sampai ke timur tempat gunung Semeru kini berada.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x