Selain Semeru, Ini Daftar Gunung Api yang Masih Aktif dan Status Terbarunya: Ada Merapi hingga Sinabung

- 7 Desember 2021, 15:02 WIB
Ilustrasi - Daftar gunung api yang masih aktif dan statusnya selain Gunung Semeru, ada Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dll.
Ilustrasi - Daftar gunung api yang masih aktif dan statusnya selain Gunung Semeru, ada Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dll. /PIXABAY/astama81

BERITA DIY – Berikut ini daftar gunung api yang masih aktif selain Gunung Semeru, ada Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan status terbarunya.

Telah diketahui bahwa pada tanggal 4 Desember 2021 terjadi erupsi di Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur.

Dikutip dari Twitter BNPB bahwa Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada pukul 15.20 WIB.

Baca Juga: Kisah Rumini yang Meninggal Dunia Berpelukan dengan Sang Ibu Saat Erupsi Gunung Semeru

Dikutip dari laman Badan Geologi KESDM bahwa Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) di G. Semeru, pada tanggal 4 Desember 2021.

APG merupakan karakteristik ancaman khas G. Semeru, yakni berupa awan panas yang berasal dari ujung aliran lava pada bagian lereng gunung.

Endapan APG terdiri dari material batuan bersuhu tinggi 800 derajat – 900 derajat Celcius yang bergerak ke arah lereng tenggara G. Semeru sejauh ± 4 km dari puncak, atau ± 2 km dari ujung aliran lava.

Baca Juga: Gunung Semeru Hari Ini: BMKG Dukung Mitigasi Erupsi dengan Pasang Dashboar Khusus, Cek Cuaca di Sini

APG memasuki lembah Sungai Kobokan dan berinteraksi dengan air sungai beserta material lama yang terdapat di dalam badan sungai, membentuk aliran lahar sepanjang aliran Sungai Kobokan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x