Klitih Artinya Apa? Apa Perbedaan Klitih dan Begal? Ini Contoh Kasus dan Korbannya di 2021

- 29 Desember 2021, 16:00 WIB
ILUSTRASI - Ini arti klitih, perbedaan dengan begal, dan contoh kasus dan korban pada 2021.
ILUSTRASI - Ini arti klitih, perbedaan dengan begal, dan contoh kasus dan korban pada 2021. /PIXABAY/Cesar Augusto Ramirez Vallejo

BERITA DIY - Simak apa sebenarnya arti dari klitih, lengkap dengan perbedaan dengan begal dan contoh kasus dan korban yang terjadi di tahun 2021.

Baru-baru ini dunia media sosial Twitter ramai dengan beberapa tagar atau hastag mengenai tindakan klitih atau kejahatan jalanan yang masih marak khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY.

Sejumlah netizen pun kemudian diketahui menaikkan tagar untuk membasmi klitih dan mengupayakan mendapatkan penanganan yang serius dengan menggunakan hastag yaitu #JogjaTidakAman dan #JogjaDaruratKlitih.

Baca Juga: Kronologi Kasus Klitih yang Viral di Yogya, Tangan Korban Dipegang dan Tiba-tiba Merasa Perih

Munculnya berbagai hastag di Twitter tersebut menyusul kian maraknya laporan dari beberapa korban yang pernah atau sempat mengalami kejadian klitih di beberapa ruas jalan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasalnya beberapa korban yang mengalami tindakan klitih dari orang yang tak dikenal di jalanan tersebut kemudian melaporkan atau mengungkapkan kejadian naas yang menimpanya di beberapa waktu yang lalu.

Oleh sebab itu, untuk lebih menjaga keamanan ada baiknya mengetahui apa sebenarnya klitih yang sedang ramai diperbincangkan lengkap dengan perbedaan yang dapat diketahui jika dibandingkan dengan tindakan begal.

Baca Juga: Respons Polda DIY Usai Ramai Tagar tentang Klitih di Jogja: Tingkatkan Pengawasan hingga Ancaman Hukuman

Berdasarkan beberapa sumber, diketahui bahwa klitih merupakan kata dari Bahasa Jawa, yang dalam pengertiannya dapat diketahui sebagai kegiatan berputar-putar untuk mencari hiburan di waktu senggang.

Namun kini makna dari klitih sendiri dapat diketahui sudah berbeda dari istilah yang dulunya telah lama dikenal. Hal ini dapat diketahui berdasarkan berbagai kejadian yang disinyalir adalah bentuk dari klitih.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x