Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV yang Baik dan Profesional agar Lolos Saat Melamar Kerja

- 28 Desember 2021, 20:10 WIB
Ilustrasi cara membuat daftar riwayat hidup atau CV yang baik untuk melamar pekerjaan.
Ilustrasi cara membuat daftar riwayat hidup atau CV yang baik untuk melamar pekerjaan. /PIXABAY/Kaboompics

BERITA DIY - Cara membuat daftar riwayat hidup atau yang juga dikenal dengan curriculum vitae (CV) harus diketahui oleh orang yang akan melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup atau CV umumnya merupakan salah satu syarat melamar pekerjaan.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan antara lain adalah melampirkan CV sebagai informasi daftar riwayat hidup pelamar kerja yang berguna untuk pertimbangan.

Hal terpenting dalam sebuah CV yang baik adalah mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis sesuai posisi yang akan dilamar. Tentu hal ini akan menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan atau tempat penyedia lowongan menerimamu.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Lengkap dan Benar, Wajib Diketahui Para Pelamar Pekerjaan

Pembuatan CV pada dasarnya cukup dilakukan di Microsoft Word, namun akan lebih menarik dan tampil profesional jika kamu mengeditnya ke dalam format yang lebih menarik untuk dibaca.

Membuat CV bisa dilakukan dengan memanfaatkan ditus edit atau desain antara lain resume.com, resume.io, resumonk, connectCV, visualCV, canva, resume genius, maupun situs lainnya secara gratis.

Adapun hal penting yang harus dilampirkan dalam teks CV adalah sebagai berikut:

1. Identitas Diri

Pelamar perlu menampilkan data mengenai identitas diri yang mendasar antara lain yaitu nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor handphone, serta alamat email yang bisa dihubungi pihak penyedia lowongan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x