Apa Itu Sajaegi BTS Viral TikTok: Dugaan HYBE Bangtan Sonyeondan Manipulasi Data Tangga Lagu

- 7 Mei 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi. Apa itu sajaegi BTS viral TikTok, dugaan agensi HYBE Bangtan Sonyeondan manipulasi data tangga lagu The Most Beautiful Moment In Life.
Ilustrasi. Apa itu sajaegi BTS viral TikTok, dugaan agensi HYBE Bangtan Sonyeondan manipulasi data tangga lagu The Most Beautiful Moment In Life. /Twitter.com/@Realtaeyang

BERITA DIY - Berikut apa itu sajaegi BTS viral TikTok, dugaan agensi HYBE Bangtan Sonyeondan manipulasi data tangga lagu The Most Beautiful Moment In Life.

Dalam dunia hiburan Korea Selatan, sajaegi merujuk pada tindakan ilegal yang dilakukan untuk mempengaruhi peringkat lagu di situs musik Korea.

Cara kerja sajaegi adalah dengan menggunakan sejumlah besar server untuk melakukan streaming terus-menerus pada lagu tertentu, yang mengakibatkan peningkatan jumlah pendengar dan memungkinkan lagu tersebut menduduki posisi teratas di tangga lagu.

Belakangan ini, label HYBE dan artis-artis di bawah naungannya, termasuk BTS, menjadi sorotan karena tuduhan sajaegi atau manipulasi peringkat lagu. Isu ini menjadi perbincangan hangat di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok.

Baca Juga: Champagne Confetti Artinya Apa? Ini Arti Bahasa Gaul dalam Bahasa Indonesia Viral Berkat Jungkook BTS

Isu yang sedang hangat diperbincangkan adalah dugaan bahwa HYBE terlibat dalam manipulasi peringkat lagu yang berkaitan dengan mini album BTS "The Most Beautiful Moment In Life", yang dirilis pada 2015.

Isu sajaegi BTS bermula dari dokumen dan diskusi yang beredar di internet sejak tahun 2017, yang menuduh seorang individu yang dikenal sebagai "Mr. A" mencoba memeras uang dengan ancaman akan membuka dugaan penggunaan strategi pemasaran kontroversial oleh BTS.

Sebagai agensi yang mengelola BTS, HYBE telah merespons tuduhan ini. Seorang juru bicara dari HYBE mengungkapkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan isu tersebut.

Selain itu, HYBE menjelaskan bahwa klaim Mr. A tentang pemasaran ilegal sebenarnya hanyalah strategi pemasaran viral online yang biasa dilakukan oleh banyak perusahaan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah