Apa Itu Varian Omicron yang Masuk Indonesia, COVID-19 yang Sampai Buat Jokowi Takut? Ini Gejala dan Bahayanya

- 16 Desember 2021, 20:31 WIB
Apa itu varian Omicron yang masuk Indonesia, varian COVID-19 yang sampai buat Jokowi takut? Ini gejala dan bahayanya.
Apa itu varian Omicron yang masuk Indonesia, varian COVID-19 yang sampai buat Jokowi takut? Ini gejala dan bahayanya. /Instagram.com/@jokowi

BERITA DIY - Simak apa itu varian Omicron yang masuk Indonesia, varian COVID-19 yang sampai buat Jokowi takut? Ini gejala dan bahayanya.

Seperti diketahui pada hari ini, Kamis, 15 Desember 2021, Pemerintah mengonfirmasi kasus Omicron pertama di Indonesia.

Hal itu langsung disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Kasus Omicron pertama ini diketahui berdasarkan hasil analisa genome sequencing pada Rabu, 15 Desember 2021.

Kemenkes telah mendeteksi lima kasus probable Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional dari warga negara Indonesia dan asing

Baca Juga: Mengenal Varian Omicron, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan tentang Varian Baru Covid-19 Serta Cara Mencegahnya

Lima orang suspek Omicron itu di antaranya dua kasus adalah WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet Jakarta. Tiga kasus probable lainnya WNA asal China yang berkunjung ke Manado, Sulut, dan sekarang dikarantina di Manado.

Tak selang lama usai pengumuman itu, Presiden Jokowi langsung memberikan pernyataan ajakan agar masyarakat mencegah Omicron tak meluas.

“Yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air. Jangan sampai terjadi penularan lokal,” tegasnya dalam video.

Presiden Jokowi mengingatkan varian Omicron memiliki karakteristik penularan yang sangat cepat. Oleh karena itu, seluruh pihak harus melakukan upaya optimal untuk mencegah persebaran Omicron.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x