Mengenal Varian Omicron, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan tentang Varian Baru Covid-19 Serta Cara Mencegahnya

- 16 Desember 2021, 19:35 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan tentang apa itu varian Omicron, varian baru Covid-19 serta cara mencegahnya menurut para Ahli Kesehatan.
ILUSTRASI - Penjelasan tentang apa itu varian Omicron, varian baru Covid-19 serta cara mencegahnya menurut para Ahli Kesehatan. /UNSPLASH/fusion_medical_animation

BERITA DIY – Berikut ini penjelasan tentang apa itu Omicron, varian baru Covid-19 srta cara mencegahnya menurut para Ahli Kesehatan.

Telah diketahui bahwa varian baru Covid-19 yaitu Omicron telah terdeteksi di Indonesia. Varian tersebut terdeteksi pada tanggal 15 Desember 2021.

Dikutip dari Kemenkes bahwa varian ini didapati menyerang seorang petugas kebersihan berinisial N yang bekerja di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: Apa Itu Omicron? Varian baru Covid-19 dan Vaksin Apa yang Cocok untuk Mencegah Virus ini

Varian Omicron telah ditetapkan WHO sebagai Varian of Concern (VoC) dan terbukti menyebar dengan sangat cepat.

Di Inggris misalnya dari 10 kasus/hari saat ini sudah mencapai 70.000 kasus/Hari. Jauh lebih tunggi dari puncak kasus di Indonesia pada bulan Juli di angka 50.000 kasus/hari.

Dikutip dari WHO bahwa Varian B.1.1.529 atau Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Baca Juga: Omicron Masuk di Indonesia, Harga Saham Perusahaan Ini Meroket Meski IHSG Anjlok: BBRI Jeblok!

Lalu Infeksi B.1.1.529 terkonfirmasi pertama yang diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November 2021.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: The Healthy WHO Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x