Efektivitas Vaksin Terhadap Varian Omicron: Sinovac, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, hingga Sinopharm

- 16 Desember 2021, 17:13 WIB
Ilustrasi varian Omicron yang baru masuk ke Indonesia. Simak efektivitas jenis vaksin terhadap Omicron.
Ilustrasi varian Omicron yang baru masuk ke Indonesia. Simak efektivitas jenis vaksin terhadap Omicron. /Pixabay

BERITA DIY - Simak tingkat efektivitas vaksin terhadap varian Omicron yang hari ini terkonfirmasi masuk ke Indonesia. Adapun jenis merk vaksin meliputi Sinovac, Pfizer, Moderna, AstraZeneca (AZ), hingga Sinopharm.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan baru saja mengonfirmasi varian Omicron masuk ke Indonesia hari ini, Kamis, 16 Desember 2021, di tengah pemerintah menggencarkan target vaksin akhir tahun 2021.

Seperti diketahui bahwa masyarakat Indonesia sedang menjalani kegiatan vaksinasi. Adapun jenis vaksin di antaranya Sinovac, Pfizer, Moderna, AZ, hingga Sinopharm. Namun bagaimana efektivitas masing-masing vaksin terhadap varian baru Covid-19 yang disebut Omicron?

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Vaksin Booster Sinovac Disebut Ampuh: Ini Tingkat Efikasinya

Omicron berasal dari Afrika Selatan dan sebelumnya telah menyebar di beberapa negara, termasuk negara tetangga Malaysia dan Singapura hingga beberapa lainnya di Benua Asia.

Indonesia sendiri baru memastikan varian Omicron masuk ke Tanah Air melalui pengumuman Menkes Budi Gunadi Sadikin. Dia membeberkan kasus pertama merupakan petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Budi juga menegaskan bahwa varian Omicron ini menyebar dengan cepat berkaca pada Inggris dan negara lainnya. Namun ia tetap mengingatkan masyarakat untuk tidak panik dan taat menjalani prokes.

Baca Juga: Omicron Terdeteksi Ada Di Mana Saja di Indonesia dan Apakah Berbahaya Ketimbang COVID-19 Varian Delta?

Dia menuturkan bahwa karantina 10 hari bagi pendatang dari luar Indonesia adalah untuk meningkatkan ketahanan dan menghindari varian baru.

"Jadi wajar kalau harus stay 10 hari di karantina, Tujuannya bukan untuk mempersulit orang yang datang tapi juga melindungi seluruh masyarakat Indonesia," jelas Menkes dikutip dari laman Kemenkes.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x