Omicron Terdeteksi Ada Di Mana Saja di Indonesia dan Apakah Berbahaya Ketimbang COVID-19 Varian Delta?

- 16 Desember 2021, 13:57 WIB
Virus Omicron terdeteksi ada di mana saja di Indonesia dan apakah berbahaya ketimbang COVID-19 varian delta?.
Virus Omicron terdeteksi ada di mana saja di Indonesia dan apakah berbahaya ketimbang COVID-19 varian delta?. /Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Virus Omicron terdeteksi ada di mana saja di Indonesia dan apakah berbahaya ketimbang COVID-19 varian delta?.

Seperti diketahui pada hari ini, Kamis, 16 Desember 2021, Pemerintah mengumumkan kasus pertama Omicron terdeteksi di Indonesia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, terdapat 1 kasus terkonfirmasi Omicron dan 5 kasus probable Omicron.

Baca Juga: 70 Kali Lebih Cepat Menyebar, Simak Daftar Gejala Virus Omicron Varian Covid dari Ringan hingga Berat

Varian baru dari Covid-19 bernama Omicron itu pertama kali ditemukan di Afrika pada awal November 2021. Diketahui saat itu ada beberapa orang yang telah terindikasi.

Hingga sampai saat ini diketahui dari berbagai sumber terkait, varian Omicron ini telah menyebar di beberapa negara. Bahkan yang dapat dikatakan cukup jauh dari pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

Beberapa negara, khususnya yang berada di Eropa belum lama ini resmi mengumumkan adanya kasus Omicron di negaranya. Hal ini yang membuat pemerintah negara terkait kemudian mengambil kebijakan untuk membatasi mobilitas.

Baca Juga: Omicron Sudah Masuk Indonesia? Klik Link GISAID Ini Cek Penyebaran Varian Covid-19 Terbaru

Budi mengatakan, kasus Omicron yang dialami seorang petugas kebersihan RS Wisma Atlet Jakarta berinisial N diketahui berdasarkan hasil analisa genom sekuensing yang diterima Kemenkes RI pada 15 Desember 2021.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x