Profil Organisasi Pemuda Pancasila: Susunan Pengurus Ketua Umum hingga Kabid PP, Ikrar Sumpah hingga Fungsi

- 29 November 2021, 14:44 WIB
Profil organisasi Pemuda Pancasila, mulai susunan pengurus ketua umum hingga kabid PP, ikrar sumpah hingga fungsi.
Profil organisasi Pemuda Pancasila, mulai susunan pengurus ketua umum hingga kabid PP, ikrar sumpah hingga fungsi. /Sukoharjoupdate/Bramantyo

BERITA DIY - Simak profil organisasi Pemuda Pancasila, mulai susunan pengurus ketua umum hingga kabid PP, ikrar sumpah hingga fungsi.

Adapun Pemuda Pancasila pertama kali berdiri pada 28 Oktober 1959 di Jakarta. Tokoh pendirinya pahlawan nasional, yaitu Ahmad Yani, AH Nasution hingga Gatot Subroto.

Dikutip dari situs Pemuda Pancasila, sejak awal berdirinya, PP tidak pernah sepi dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Baca Juga: Profil Junimart Girsang, Politisi PDIP yang Minta Maaf Usai Didemo Pemuda Pancasila atau PP

Sekitar tahun l965 ketika PKI gencar menelusup di segenap sendi kehidupan masyarakat, kerap berhadapan secara fisik dengan anggota Pemuda Pancasila. Sejarah mencatat beberapa kali terjadi bentrokan fisik yang menewaskan anggota organisasi dari kedua belah pihak.

Dalam Mubes VII tahun 2001 di Wisma Kinasih Bogor, diputuskan bahwa Pemuda Pancasila berubah bentuk menjadi organisasi masyarakat yang bebas dari politik praktis.

Kegiatan organisasi ini dititikberatkan untuk bergerak di sektor kegiatan sosial kemasyarakatan yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat hingga ke tingkat basis.

Baca Juga: Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia dan Apa Fungsinya? Cari Tahu di Sini

Berikut ikrar Pemuda Pancasila:

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x