Doa Walimatussafar Haji Lengkap Bahasa Arab, Latin Indonesia, dan Artinya

- 8 Mei 2024, 08:20 WIB
Illustrasi - Bacaan doa walimatussafar haji lengkap dalam Bahasa Arab, Latin Indonesia, dan artinya untuk pamitan berangkat haji.
Illustrasi - Bacaan doa walimatussafar haji lengkap dalam Bahasa Arab, Latin Indonesia, dan artinya untuk pamitan berangkat haji. /Pixabay/Konevi

BERITA DIY - Memasuki bulan Dzulkaidah, jemaahn haji asal Indonesia secara bertahap akan mulai berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. 

Di masyarakat Indonesia sendiri, terdapat tradisi syukuran keberangkatan haji. Pada saat acara tersebut, terdapat bacaan doa Walimatussafar haji. Doa tersebut memuat harapan agar calon jemaah haji diberikan keselamatan, keberkahan, dan kemudahan dalam menjalankan ibadahnya.

Ketahui bacaan doa walimatussafar haji lengkap dalam Bahasa Arab, Latin Indonesia, dan artinya di artikel ini.

Pengertian Walimatussafar Haji

Baca Juga: Teks Doa Walimatus Safar Pelepasan Jamaah Haji: Download PDF di Sini

Walimatussafar berasal dari kata “walimah” yang berarti jamuan atau selamatan dan “safar” yang berarti perjalanan. Istilah ini biasa digunakan untuk mendefinisikan jamuan atau pesta yang diadakan oleh orang yang hendak melakukan perjalanan jauh, termasuk ibadah haji.

Walimatussafar dianjurkan dalam agama Islam sebagai wujud syukur seorang hamba atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Bahkan dalam kitab Hasyiyah Ibrahim al-Bajuri ‘ala Fath al-Qarib II, Imam Syafi’i pernah berkata:

“Walimah dapat meliputi setiap undangan karena baru mendapatkan kenikmatan.”

Doa Walimatussafar Haji

Baca Juga: Kapan Idul Adha 2024? Ini Lebaran Haji 1445 Hijriah Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah