Cara Amati Hari Tanpa Bayangan Hari Ini, 11 Oktober 2021: Titik Lokasi di Yogyakarta dan Waktu yang Tepat

- 11 Oktober 2021, 10:20 WIB
ILUSTRASI - Cara lihat dan menentukan waktu yang tepat untuk memantau hari tanpa bayangan di Yogyakarta dan berbagai tempat di Indonesia hari ini, 11 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Cara lihat dan menentukan waktu yang tepat untuk memantau hari tanpa bayangan di Yogyakarta dan berbagai tempat di Indonesia hari ini, 11 Oktober 2021. /PIXABAY/Hamsterfreund

BERITA DIY - Fenomena hari tanpa bayangan akan berlangsung secara singkat di sejumlah lokasi di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Berikut cara lihat dan menentukan waktu yang tepat untuk memantau.

Peristiwa hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun. Ini terjadi di Indonesia tiap bulan September hingga Oktober 2021, pun hari ini, 11 Oktober 2021.

Ketika Matahari berada di titik atas Indonesia, membuat tak adanya bayangan bagi benda yang tak berongga saat tengah hari, disebut sebagai hari tanpa bayangan.

Baca Juga: Apa Itu Hujan Meteor Draconid? Fenomena Alam Tahunan yang Terjadi, Ini Waktu Terbaik dan Cara Melihat

Di Indonesia, wilayah Sabang adalah yang pertama menjamu fenomena hari tanpa bayangan pada September lalu. Diperkirakan, daerah Rote Dao akan yang mengalami peristiwa ini belakangan, tepatnya 21 Oktober 2021 mendatang.

Diinformasikan oleh Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) jika fenomena hari tanpa bayangan akan berlangsung singkat sekitar 2 hingga 3 menit.

Oleh karena itu, warga Indonesia yang ingin menyaksikan atau melakukan pengamatan diimbau untuk menggunakan penanda waktu https://jam.bmkg.go.id agar cocok dengan jadwal fenomena terjadi.

Baca Juga: Apa itu Fenomena Equinox yang Melanda Beberapa Wilayah Indonesia? Peristiwa Anual di Daerah Khatulistiwa

Setelah itu, pakailah benda tegak seperti tongkat, spidol, tempat minum dan sebagainya lalu amati bayangan pada jam yang ditentukan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x