Khutbah Sholat Jumat Bulan Rabiul Awal 2021, Materi Maulid Nabi dan Kisah Rasulullah SAW

- 6 Oktober 2021, 16:39 WIB
ILUSTRASI - Simak contoh khutbah sholat Jumat bulan Rabiul Awal tahun 2021 tema Maulid Nabi dan kisah Rasulullah SAW.
ILUSTRASI - Simak contoh khutbah sholat Jumat bulan Rabiul Awal tahun 2021 tema Maulid Nabi dan kisah Rasulullah SAW. /UNSPLASH/jontyson

BERITA DIY - Simak contoh khutbah sholat Jumat Rabiul Awal 2021 yang bertemakan Maulid Nabi dan Kisah Rasulullah SAW di artikel ini. 

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan ketiga setelah bulan Muharram dan Safar dalam kalender Islam. Adapun salah satu keistimewaannya adalah bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW atau sering disebut dengan Maulid Nabi pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Selain bulan lahirnya Rasulullah SAW, Rabiul Awal juga menjadi bulan wafatnya Sang Baginda. Bahkan, beliau mengembuskan napas terakhirnya persis di hari ulang tahunnya, namun pada tahun 11 H.

Baca Juga: Doa Tolak Bala, Amalan Sholat Lidaf'il Bala dan Larangan Rebo Wekasan: Berikut Daerah yang Lestarikan Tradisi

Kendati demikian Maulid Nabi dirayakan sebagai hari lahirnya Nabi Muhammad SAW karena kelahiran merupakan momen suka cita dibandingkan dengan kematian.

Adapun perayaan Maulid Nabi di Indonesia dilakukan dengan beragam kegiatan yang masih berhubungan dengan acara keagamaan, seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji, pengajian, dll.

Sementara itu, ibadah berjamaah lain yang tetap dilanjutkan adalah sholat Jumat yang juga berisi khutbah tema tertentu. Adapun khutbah disampaikan oleh seorang khatib di mimbar.

Baca Juga: Apa Itu Arba Mustamir dan Apa Saja Amalan yang Bisa Didapatlan?

Bulan Shafar dalam kalender Hijriyah berakhir pada hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021. Dengan kata lain, 1 Rabiul Awal 1443 H jatuh pada Kamis, 7 Oktober 2021 M. 

Satu hari setelahnya pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021 (2 Rabiul Awal 1443 H), umat Muslim laki-laki menjalankan ibadah sholat Jumat berjamaah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: Universitas Darussalam Gontor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x