Mengenal Amalan Rebo Wekasan, Tradisi yang Dilakukan dalam Bulan Safar: Sejarah dan Cara Melaksanakan

- 5 Oktober 2021, 13:51 WIB
ILUSTRASI - Inilah penjelasan Rebo Wekasan akhir bulan Safar dengan penjelasan, sejarah, dan cara melakukan.
ILUSTRASI - Inilah penjelasan Rebo Wekasan akhir bulan Safar dengan penjelasan, sejarah, dan cara melakukan. /UNSPLASH/masjidmpd

BERITA DIY - Kenali amalan Rebo Wekasan yang biasanya dilakukan masyarakat Islam di beberapa wilayah Indonesia. Lengkap dengan sejarah dan cara melaksanakan upacara itu.

Salah satu upacara yang menjadi tradisi keagamaan di Indonesia adalah amalan Rebo Wekasan yang dilakukan oleh masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia. Upacara atau tradisi yang dilakukan tersebut sesuai dengan keyakinan agama Islam.

Dalam segi bahasa, istilah Rebo Wekasan ini diambil dari serapan Bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa sendiri, Rebo merupakan merujuk pada hari Rabu. Sedangkan Wekasan berarti pamungkas atau akhir.

Baca Juga: Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh Pada Rabu 6 Oktober 2021, Ini Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala

Sehingga berdasarkan pada istilah tersebut maka mengandung makna yang berarti hari Rabu terakhir dalam bulan Safar pada penanggalan Hijriah atau penanggalan yang dimiliki oleh ummat Islam.

Dipercaya oleh ummat Islam bahwa pada bulan Safar khususnya pada Rebo Wekasan terdapat beberapa hal besar yaitu ujian yang akan menimpa ummat Islam. Sehingga dengan adanya ujian tersebut ummat Islam harus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Hal itu berkaitan pula dengan beberapa peristiwa penting yang dialami oleh ummat Islam pada akhir bulan Safar mulai dari adanya beberapa bencana alam hingga ujian-ujian yang lainnya.

Baca Juga: Sejarah dan Tradisi Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, 22 September 2021 di Berbagai Negara

Diketahui dari beberapa sumber yang berhasil didapatkan, beberapa kejadian penting pernah terjadi dan dialami oleh ummat Islam pada bulan Safar tersebut.

Beberapa ujian maupun hal penting yang terjadi, dipercaya bahwa melalui beberapa sumber, Allah SWT akan menurunkan beberapa ujian bagi ummat Islam pada setiap tahun hijriah di muka bumi.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x