Apa Itu Arba Mustamir dan Apa Saja Amalan yang Bisa Didapatlan?

- 6 Oktober 2021, 14:55 WIB
Simak pengertian apa itu arba mustamir atau lebih dikenal dengan Rebo Wekasan lengkap dengan niat, tata cara sholat dan amalan yang didapat.
Simak pengertian apa itu arba mustamir atau lebih dikenal dengan Rebo Wekasan lengkap dengan niat, tata cara sholat dan amalan yang didapat. /PEXELS/Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Simak pengertian dari arba mustamir serta apa saja amalan yang bisa didapatkan. Diketahui bahwa arba mustamir adalah hari Rabu terakhir di bulan Safar pada kalender Hijriyah. 

Nama lain dari arba mustamir sering disebut dengan Rebo Wekasan oleh masyarakat Indonesia. Umat Muslim percaya bahwa hari tersebut adalah saat yang sakral untuk beribadah untuk menghidari segala sial dan musibah.

Dikutip dari Faridah dan Mubarak dalam jurnal "Kepercayaan Masyarakat Banjar terhadap Bulan Safar: Sebuah Tinjauan Psikologis" tahun 2012, hari arba mustamir telah dikenal oleh bangsa Arab sejak zaman Jahiliyah.

Baca Juga: Doa Tolak Bala, Amalan Sholat Lidaf'il Bala dan Larangan Rebo Wekasan: Berikut Daerah yang Lestarikan Tradisi

Beberapa masyarakat Indonesia di berbagai daerah kini mempercayai Rebo Wekasan berdasarkan keterangan dari kitab-kitab ulama terdahulu.

Lebih lanjut, para tokoh agama menyampaikan tentang hari tersebut yang berujung pada sugesti dan peniruan perilaku oleh masyatakat. 

Kementerian Agama melalui website resmi moraref.kemenag.go.id, menjelaskan Islam adalah agama yang toleran dengan konteks sosial-budaya bagi para penganutnya.

Baca Juga: Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh Pada Rabu 6 Oktober 2021, Ini Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala

Sehingga, hal-hal atau kepercayaan tersebut boleh saja dilakukan asal tidak bertentangan dengan prinsip ajaran Islam.

Selain itu, masyarakat harus menjaga agar tidak menjadi hal yang berbau syirik. Dengan demikian segala kegiatan tetap berlandaskan dengan perintah Allah SWT dan Al-Quran.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x