Ciri-ciri dan Penyebab Janin Terlilit Tali Pusar, Kenali Jenis-jenis dan Cara Mengatasinya

- 19 September 2021, 19:09 WIB
ILUSTRASI - Kenali ciri-ciri dan penyebab janin terlilit tali pusar sebelum terlambat beserta cara mengatasinya.
ILUSTRASI - Kenali ciri-ciri dan penyebab janin terlilit tali pusar sebelum terlambat beserta cara mengatasinya. /UNSPLASH/camylla93

BERITA DIY - Berikut disampaikan ciri-ciri dan penyebab janin terlilit tali pusar beserta jenis-jenis dan cara mengatasinya. Kehamilan adalah momen indah tak terlupakan dalam menyambut sang buah hati, namun sering kali ibu hamil menghadapi beberapa kendala.

Salah satunya adalah janin terlilit oleh tali pusar. Ternyata bumil bisa mendeteksi dini dengan mengenal ciri-ciri jika mengalami kejadian itu. 

Bumil juga harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi jika janin di dalam kandungan terlilit tali pusar yang dapat mengganggu pasokan darah dan energi kepada bayi.

Baca Juga: Ibu Hamil dan Lansia Boleh Suntik Vaksin Moderna? Ini Efek Samping vaksinasi dan Cara Menanggulanginya

Fenomena ini memang umum terjadi pada bumil pada usia kehamilan enam bulan dan menjelang kelahiran. Untungnya, lapisan luar tali pusar mengandung zat sejenis jeli yang menjaga tali tetap elastis.

Tetapi, tak ada salahnya untuk mengetahui informasi tentang masalah ini agar bisa menanggulangi dengan segera dan tidak berdampak lebih mengkhawatirkan.

Dikutip dari browntrialfirm.com, tanda-tanda umum atau ciri-ciri ketika janin terlilit tali pusar dapat dikenali saat detak jantung bayi tidak teratur dan gerakan janin menjadi tidak terlalu aktif.

Baca Juga: Syarat Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Jenis Vaksin yang Digunakan

Terdapat jenis-jenis gangguan janin terlilit tali pusar beserta cara mengatasinya. Berikut ini penjelasan yang berhasil dikumpulkan.

Kompresi tali pusar

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x