Apa Itu Tanaman Porang? Ini Keunggulan dan Manfaat untuk Kesehatan

- 20 Agustus 2021, 13:00 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau tanaman porang. Simak apa itu tanama porang dan keunggulan yang dimiliki.
Presiden Jokowi saat meninjau tanaman porang. Simak apa itu tanama porang dan keunggulan yang dimiliki. /tangkap layar instagram.com/@Jokowi

BERITA DIY - Tanaman porang menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Sebab, tanaman porang ternyata memiliki keuntungan yang menggiurkan. Lantas apa sebenarnya tanaman porang dan apa keunggulan yang dimiliki? 

Tanaman porang memiliki bahasa latin Amorphophallus oncophyllus adalah tanaman yang toleran naungan hingga 60%. Salah satu kemudahan budidaya tanaman porang, Ia dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl.

Porang memiliki nilai ekonomi tinggi. Satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 - 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga Rp40 juta dalam 8 bulan.

Baca Juga: Daftar 5 Tanaman yang Jadi Simbol Cinta

Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

Tanaman porang memiliki banyak manfaat. Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, bahkan juga untuk pembuatan lem dan "jelly".

Mengapa dijadikan bahan baku tepung?

Melansir dari laman resmi Kementerian Pertanian, umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Umbi Porang bagi Kesehatan, Harga Mahal, dan Jadi Komoditas Ekspor

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: pertanian.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x