Fadhilah atau Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Bulan Muharram Beserta Hadits dan Dalilnya

- 17 Agustus 2021, 16:28 WIB
ILUSTRASI - Simak fadhilah atau keutamaan puasa Tasua dan puasa Asyura bulan Muharram beserta hadits dan dalil.
ILUSTRASI - Simak fadhilah atau keutamaan puasa Tasua dan puasa Asyura bulan Muharram beserta hadits dan dalil. /PEXELS/rodnae-prod

BERITA DIY - Simak fadhilah atau keutamaan puasa Tasua dan Asyura beserta hadits dan dalilnya. Diketahui bahwa puasa Tasua (9 Muharram) jatuh pada 18 Agustus 2021, sementara puasa Asyura (10 Muharram) tepat pada 19 Agustus 2021.

Sebelum kepada keutamaan puasa Tasua dan Asyura, ada baiknya umat Islam mengetahui fadhilah pada bulan Muharram beserta haditsnya.

Yang pertama, bulan Muharram termasuk salah satu dari empat bulan suci dalam Agama Islam, sebagaimana hadits yang terkandung berikut ini.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Lengkap Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram atau 18-19 Agustus 2021

"Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 belas bulan. Di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).

Maksud dari dalil tersebut adalah umat Islam dilarang untuk membuat kejahatan pada empat bulan yang disebutkan di atas, meskipun Allah SWT juga mengharamkan umat-Nya berbuat maksiat di setiap waktu.

Terlebih, Muharram disebutkan sebagau bulan Allah SWT yang memiliki keisrimewaan bulan terbaik untuk berpuasa setelah bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Muharram 1443 H atau 22-24 Agustus 2021

Keistimewaan bulan Muharram disampaikan oleh Abu Hurairah RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x