Jadwal Puasa Asyura, Tasua dan Ayyamul Bidh di Bulan Muharram 2021 dan Keutamaan Berdasar Nasihat Rasulullah

- 11 Agustus 2021, 15:10 WIB
ILUSTRASI - Saking mulianya, Nabi Muhammad SAW bahkan menganggap puasa Asyura, Tasua dan Ayyamul Bidh di bulan Muharram adalah ibadah utama selain puasa di bulan Ramadhan.
ILUSTRASI - Saking mulianya, Nabi Muhammad SAW bahkan menganggap puasa Asyura, Tasua dan Ayyamul Bidh di bulan Muharram adalah ibadah utama selain puasa di bulan Ramadhan. /PEXELS/bongkarn

BERITA DIY - Puasa Asyura, Tasua, dan Ayyamul Bidh merupakan beberapa amalan puasa yang dapat dilakukan di bulan Muharram. Ada keutamaan kenapa ibadah ini menjadi dianjurkan dilakukan pada Tahun Baru Islam.

Allah SWT sangat memuliakan bulan Muharram, sehingga bulan ini disebut sebagai bulan Allah (syahrullah). Pada bulan ini juga, Nabi Musa berhasil selamat dari kejaran Fir'aun, atas kehendak Allah.

Saking mulianya, Nabi Muhammad SAW bahkan menganggap puasa di bulan Muharram adalah ibadah utama selain puasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Niat Puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayamul Bidh Selama Muharram 2021 Lengkap Latin dan Terjemahan

Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baiknya puasa setelah bulan Ramadan adalah pada bulan Allah, yaitu Muharram." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Adapun puasa di bulan Muharram 2021 ini punya jadwal masing-masing, yakni kita simak yuk di bawah ini.

Jadwal puasa bulan Muharram 2021

1. Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah satu dari beberapa puasa sunah yang ada di bulan Muharram. Rasulullah SAW selalu mengerjakan puasa sunah bulan Muharram, utamanya pada 10 Muharram yang disebut sebagai puasa Asyura. Di tahun 2021, puasa Asyura jatuh pada Kamis, 19 Agustus.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x