Doa Niat Puasa Asyura dan Tasua Arab, Latin, Bahasa Indonesia: Keutamaan Ibadah Bulan Muharram Agustus 2021

- 8 Agustus 2021, 15:01 WIB
Doa niat Arab, latin dan Bahasa Indonesia dan keutamaan puasa Asyura dan Ta'sua, Amalan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW dengan pahala setara puasa Ramadan
Doa niat Arab, latin dan Bahasa Indonesia dan keutamaan puasa Asyura dan Ta'sua, Amalan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW dengan pahala setara puasa Ramadan /PIXABAY/Syaifulptak

BERITA DIY - Puasa Asyura dan Tasua atau Ta'sua adalah amalan ibadah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram yang penuh mulia. Adapun doa niat puasa keduanya ada di akhir artikel.

Disadur dari buku yang berjudul "Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah" (2015) karya Siti Zamratus Sa'adah, bulan Muharram adalah bulan mulia selain karena amalan puasa Asyura dan Tasua, adalah sebagai berikut:

1. Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan oleh agama Yahudi, Nasrani dan Islam dengan berlandaskan tuhan yang esa, yakni Allah SWT. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamai bulan ini dengan sebutan syahrullah (bulan Allah).

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah Muharram: Tasua, Asyura, Agustus 2021

2. Bulan ini merupakan satu dari empat bulan haram (Asyhurul harum). Dinamakan bulan haram seperti yang dikatakan Ali bin Abi Thalhah dan Ibnu Abi Rajab “karena kemuliaannya dan karena perbuatan dosa di bulan ini lebih besar siksanya, begitu juga amal shaleh yang juga menjadi lebih agung, pahalanya lebih banyak daripada bulan lainnya.”

Setelah mengetahui keutamaan bulan Muharram, ada dua amalan yang diperintahakan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam untuk dilaksanakan pada bulan mulia ini, adalah berpuasa terutama puasa Asyura dan Tasua.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah Muharram: Tasua, Asyura, Agustus 2021

Jadwal dan niat puasa Asyura

Nabi Muhammad SAW penuh perhatian kepada puasa di bulan Muharram, terutama puasa Asyura.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x