Ini Keutamaan dan Pahala yang Didapat dari Puasa Asyura di Bulan Muharram

- 28 Agustus 2020, 14:48 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa /- Foto : Freepik

BERITA DIY - Memasuki bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah puasa Asyura. Puasa Asyura bisa dilaksanakan umat Muslim pada 10 Muharram.

Dalam hadis yang diiriwayatkan dari jalur Aisyah, disebutkan, "Rasulullah saw. memerintahkan berpuasa pada hari Asyura. Dan ketika puasa Ramadan diwajibkan, siapa yang ingin (berpuasa pada hari Asyura) ia boleh berpuasa dan siapa yang ingin (tidak berpuasa) ia boleh berbuka" (H.R. Bukhari).

Adapun keutamaan puasa Asyura dijelaskan dalam hadist riwayat Muslim yang berbunyi, "Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam," (HR. Muslim 1983).

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Hari Asyura yang Baik Dibaca pada 10 Muharram 2020

Dari keutamaan tersebut, umat Muslim yang melaksanakan puasa Asyura akan diganjar dengan sejumlah pahala. Salah satunya tercantum dalam riwayat Sa’id bin Jubair yang terdapat dalam kitab al-Atsar karya Abu Yusuf berikut ini.

صوم يوم عاشوراء يعدل صوم سنة
Artinya: “Puasa ‘Asyura setara dengan puasa satu tahun”
Puasa Asyura juga disebut akan menghapuskan dosa umat Islam setahun yang lalu. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram, Salah Satunya Menebus Dosa Setahun

"Dari sahabat Abu Qatadah, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Puasa hari Asyura, aku berharap kepada Allah agar Ia mengampuni dosa setahun yang lalu.” (HR at-Tirmidzi)

Selain itu, pada hari Asyura, setiap amalan baik seperti puasa sunnah akan dilipatgandakan pahalanya karena termasuk ke dalam keutamaan bulan Muharram. Hal ini didasari oleh firman Allah SWT dalam surah At-Taubah ayat 36 yang berbunyi sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x