Jadwal Puasa Sunnah Muharram: Tasua, Asyura, Agustus 2021

- 4 Agustus 2021, 12:37 WIB
Ilustrasi seorang muslim yang berdoa setelah menjalankan puasa muharram.
Ilustrasi seorang muslim yang berdoa setelah menjalankan puasa muharram. /Pixabay.com/konevi

BERITA DIY - Memasuki Muharram 1443 H yang jatuh pada Agustus 2021, seluruh umat Islam disunnahkan menjalankan puasa pada bulan pertama dalam kalender hijriah tersebut.

Berikut jadwal puasa sunnah dibulan Muharram 1442 H selengkapnya. Anjuran berpuasa di bulan Muharram terdapat pada sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam yang mana:

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Baca Juga: Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Tasua di Bulan Muharram

Bulan Muharram merupakan bulan suci yang mana terdapat bermacam keutamaan bagi umat muslim yang mengerjakan sunnah pada bulan tersebut. Bulan Muharram juga menjadi bulan baik dimana salah satu keutamaanya yakni dapat menghapuskan dosa.
 
Abu Qatadah ra meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: “Dan puasa hari Asyura, aku berharap kepada Alllah menjadi penghapus dosa selama setahun sebelumnya.”
 
Dalam hadits lain yang bersumber dari Aisyah r.a., Beliau berkata:
 
“Hari Asyura adalah waktunya puasa orang-orang Quraisy pada jaman jahiliyah. Dan Rasulullah pun melaksanakannya. Tatkala Nabi tiba di Madinah, beliau tetap melakukan puasa Asyura dan memerintahkan sahabat untuk malaksanakan puasa itu juga. Ketika diwajibkan puasa Ramadhan, beliau meninggalkan puasa Asyura, dan beliau bersabda: Barangsiapa yang hendak berpuasa, maka puasalah, dan barangsiapa yang hendak berbuka, maka berbukalah.” (HR Bukhari)
 
Sekalipun Muharram menjadi bulan baik namun tidak dianjurkan melakukan ibadah lain selain ibadah yang disunnahkan Rasulullah SAW. Artinya tidak boleh ada ritual lain seperti yang dilakukan oleh orang-orang syirik.
 
 
Berikut jadwal puasa di bulan Muharram 1443 H
  • Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 13-15 Muharram jatuh pada hari Minggu-Selasa, 22-24 Agustus 2021
Itullah jadwal lengkap puasa sunnah Muharram 1443 H. Ada puasa Tasua dan Asyura serta Ayyamul Bidh.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X