3 Keutamaan Berkurban, Berikut Simak Penjelasan Lengkapnya

- 19 Juli 2021, 14:30 WIB
Ilustrasi: Penjelasan lengkap mengenai ibadah kurban.
Ilustrasi: Penjelasan lengkap mengenai ibadah kurban. /PIXABAY/Alexas_Fotos

BERITA DIY - Berkurban merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha. Namun, ibadah tersebut memiliki keutamaan bagi setiap muslim yang mengerjakannya.

Hukum dasarnya yakni sunnah muakad atau ibadah sunnah yang ditekankan untuk dikerjakan. Pelaksanaan kurban sendiri dimulai dari setelah terbit matahari pada Hari Raya Idul Adha hingga tiga hari setelahnya.

Di Indonesia, hewan yang seringkali disembelih dan dijadikan  sebagai kurban yakni Sapi, Kambing atau Domba. Sebagaimana diriwayatkan al-Barra r.a, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya hal pertama yang kita lakukan pada hari ini adalah sholat, kemudian kembali dan memotong kurban. Barang siapa yang mendahulukan itu, berarti ia mendapatkan sunnah kami. Dan barang siapa yang menyembelih sebelum itu, maka daging sembelihannya untuk keluarganya tidak dinilai sebagai ibadah kurban sama sekali.”

Baca Juga: Daftar Promo Spesial Hari Raya Idul Adha 2021: Ada Hokben, Geprek Bensu, BreadTalk, dan Traffic Bun

Keutamaan Berkurban

Dilansir dari beberapa sumber, berkurban memiliki banyak sekali keutamaan di antaranya:

1. Meneladani Nabi Ibrahim AS, Ismail AS, dan Muhammad SAW

Sebagaimana diketahui, berkurban adalah salah satu sikap ikhlas dan patuh Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yang kala itu diprintahkan untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Dengan melaksanakan kurban, seorang muslim telah meneladani sifat Nabi dan Rasul.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x