Doa Niat Kurban Idul Adha untuk Diri Sendiri dan Orang Lain Serta Tata Cara Kurban Menurut Ketentuan Islam

- 19 Juli 2021, 10:50 WIB
ILUSTRASI - Hewan kurban, berikut bacaan doa niat kurban untuk diri sendiri dan orang lain serta tata cara kurban menurut ketentuan dan ajaran agama Islam.
ILUSTRASI - Hewan kurban, berikut bacaan doa niat kurban untuk diri sendiri dan orang lain serta tata cara kurban menurut ketentuan dan ajaran agama Islam. /PIXABAY/brokerx

BERITA DIY - Berikut bacaan doa niat kurban untuk diri sendiri dan orang lain. Melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha adalah sunnah muakkad. Kurban boleh dikerjakan oleh setiap orang muslim yang memiliki kelebihan rezeki atau mampu.

Kurban dilakukan dengan cara menyembelih sapi, kambing, domba, unta atau pun kerbau sesuai ketentuan Al Quran. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan mulai tanggal 10 atau setelah salat Idul Adha dan selama tiga hari tasyrik atau tanggal 11-13 Dzulhijjah.

Ketika kurban, seorang muslim wajib hukumnya membaca doa niat kurban, baik kurban yang dilakukan untuk dirinya maupun untuk orang lain. Dengan membaca niat kurban InsyaAllah ibadah kurban bisa diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Niat Kurban Idul Adha Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Selain melafalkan doa kurban untuk dirinya sendiri, setiap muslim juga bisa berkurban untuk kedua orangtua maupun keluarga. Ketika ingin berkurban untuk keluarga, seorang muslim tidak perlu meminta izin terlebih dahulu.

Sementara ketika seseorang ingin berkurban untuk orang lain yang bukan anggota keluarganya, maka wajib untuk meminta izin terlebih dahulu. Jika diizinkan maka kurban bisa dilakukan, namun apabila tidak diizinkan tak boleh melanjutkan kurban dengan mengatasnamakan orang lain.

Baca Juga: Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub bagi Laki-laki yang Baik dan Benar Menurut Ajaran Islam

Perintah untuk melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha tertera dalam Al Quran diantaranya Surah Al Kautsar ayat 1-2, berikut bacaannya:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x