Bacaan Doa Orang Meninggal Jenazah Perempuan dan Laki-Laki Lengkap Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

- 19 Juli 2021, 09:10 WIB
ILUSTRASI - Simak doa untuk orang meninggal atau jenazah perempuan dan laki-laki. Lengkap dengan tulisan Arab, beserta artinya bahasa Indonesia.
ILUSTRASI - Simak doa untuk orang meninggal atau jenazah perempuan dan laki-laki. Lengkap dengan tulisan Arab, beserta artinya bahasa Indonesia. /PIXABAY/Konevi

BERITA DIY - Membaca doa untuk orang yang meninggal, baik laki-laki atau perempuan menjadi hal yang dapat umat muslim lakukan agar menjadi bekal doa dan amal shaleh bagi orang yang meninggal dunia.

Maka, bagi orang yang telah meninggal, bukan lagi harta benda yang ia inginkan, namun doa dari orang-orang terdekatnya. Dengan cara mendoakan mereka, dipercaya mampu membuat mereka tenang dan membahagiakan hatinya.

Biasanya, saat mendengar kabar duka atau orang yang meninggal, kita akan mengucapkan doa Innalillahi wa Innailaihi Rajiun yang punya arti, "Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali pada Allah SWT."

Baca Juga: Doa Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2021: Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Selain doa tersebut, umat muslim dianjurkan membaca doa yang lebih lengkap untuk orang meninggal agar segala urusan orang yang meninggal di alam kubur dilancarkan.

Adapun orang yang telah meninggal akan tetap mendapatkan pahala dari beberapa hal, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh.

Doa untuk orang meninggal sebagai amal jariyah telah disabdakan Rasulullah SAW sesuai hadist yang berarti: "Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga; yakni sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim).

Doa untuk orang meninggal

Doa untuk orang meninggal baik perempuan maupun laki-laki, adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x