Niat Mandi Junub yang Benar, Arti, Hukum dan Tata Cara Menurut Syariat Islam Jelang Idul Adha

- 18 Juli 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi - Niat, sebab, hukum mandi junub yang wajib dilakukan jika seseorang telah mengeluarkan mani atau darah nifas jelang idul Adha.
Ilustrasi - Niat, sebab, hukum mandi junub yang wajib dilakukan jika seseorang telah mengeluarkan mani atau darah nifas jelang idul Adha. /PIXABAY/tookapic

BERITA DIY - Mandi wajib atau mandi besar atau juga disebut sebagai mandi junub adalah salah satu ritual dalam agama Islam untuk menghilangkan hadast besar agar sah dalam melakukan ibadah, termasuk sholat Idul Adha. Berikut niat, sebab, hukum mandi tersebut.

Sebab orang melakukan mandi junub beragam, mulai dari dikarenakan mandi besar, selesai menstruasi, hingga usai berhubungan seksual dan mengeluarkan air mani.

Dalam buku 'Niat, Cara, dan Adab Mandi Wajib atau Mandi Junub' dijelaskan ada dua sebab seorang umat muslim wajib mandi junub, yakni:

Baca Juga: Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub bagi Laki-laki yang Baik dan Benar Menurut Ajaran Islam

Pertama, saat keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau pikiran.

Dan kedua, jimak atau berhubungan seksual, meskipun tidak mengeluarkan mani. Biasanya, mandi junub pun dilakukan oleh perempuan yang usai haid dan nifas.

Jelang Idul Adha, baiknya umat muslim melakukan mandi junub untuk menghilangkan hadast besar agar sholat yang dilakukan bisa diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Doa Memperlancar Rezeki Amalan Nabi Sulaiman hingga Mudah Bersyukur Nikmat Dunia

Hukum mandi junub

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x