Bansos Rp600 Ribu dan 10 Kg Beras per KPM akan Cair Bulan Juli: Ini 5 Golongan yang Berhak Jadi Penerima BST

- 8 Juli 2021, 16:55 WIB
ILUSTRASI: Dana bansos BST Rp600 ribu dan beras 10 kg dijadwalkan segera cair pada bulan Juli 2021 kepada 5 golongan masyarakat berikut ini.
ILUSTRASI: Dana bansos BST Rp600 ribu dan beras 10 kg dijadwalkan segera cair pada bulan Juli 2021 kepada 5 golongan masyarakat berikut ini. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY – Bantuan sosial (bansos) tunai BST sebesar Rp600 ribu dan 10 kilogram (kg) per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dijadwalkan akan cair bulan Juli 2021 kepada 5 golongan masyarakat yang berhak menjadi penerima.

Besaran dana bansos BST Rp600 ribu tersebut merupakan jumlah total yang diterima masyarakat periode Mei dan Juni 2021, di mana masing-masing mendapatkan Rp300 ribu per bulan.

Sedangkan tambahan bansos 10 kg beras yang juga dijadwalkan cair pada bulan Juli 2021 merupakan kebijakan baru dari Kementerian Sosial (Kemensos). Adapun penyaluran bansos beras tersebut dilakukan oleh jaringan Perum Bulog yang tersebar di seluruh tanah air.

Baca Juga: Hati-hati Hoaks Pesan Berantai BST Rp300 Ribu, Cek Penerima di Laman Resmi cekbansos.kemensos.go.id

“Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” terang Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, seperti dikutip dari ANTARANEWS, 7 Juli 2021.

Pada bulan Juli 2021, dana bansos BST Rp600 ribu ini akan diterima oleh 10 juta penerima dari golongan yang tidak menjadi penerima bansos PKH maupun Kartu Sembako.

Masyarakat juga dapat cek secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id apakah pihaknya termasuk yang lolos dan memenuhi syarat sebagai golongan penerima manfaat BST Rp600 ribu atau tidak.

Baca Juga: Login Cekbansos.kemensos.go.id Cek Daftar Penerima BST Kemensos, Dapat Uang Tunai Rp600 Ribu dan 10 Kg Beras

Selengkapnya, berikut cara cek penerima BST melalui link cekbansos.kemensos.go.id:

  • Siapkan KTP
  • Klik link cekbansos.kemensos.go.id pada browser pencarian HP
  • Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, keluarahan, dan nama sesuai KTP
  • Ketik kode captcha lengkap dengan spasi, klik reset jika kode sulit dibaca
  • Klik Cari Data
  • Link cekbansos.kemensos.go.id akan melakukan pencairan data sesuai database

Apabila memenuhi syarat sebagai golongan KPM, maka data penerima akan muncul pada laman cekbansos.kemensos.go.id, berupa data provinsi, kabupaten, kecamatan, keluarahan, nama penerima, usia, jenis bansos, hingga status penyaluran bansos BST.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x