Pakai KTP, Cek Daftar Penerima Manfaat Bansos BST Rp 300 ribu Terbaru di cekbansos.kemensos.go.id

- 5 Juni 2021, 14:12 WIB
Cara cek nama penerima bansos Kemensos Juni 2021 pakai KTP lewat cekbansos.kemensos.go.id
Cara cek nama penerima bansos Kemensos Juni 2021 pakai KTP lewat cekbansos.kemensos.go.id /Berita DIY/Arfrian Rahmanta/Kabar Joglosemar/Galih Wijaya.

BERITA DIY - Penyaluran Bansos BST Rp 300 ribu yang dikeluarkan Kementerian Sosial sudah memasuki jadwal pencairan Juni 2021. Ini untuk 10 juta penerima KPM yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, kecuali DKI Jakarta.

KPM dapat menggunakan KTP-nya untuk memverifikasi daftar penerima Bansos BST Kementerian Sosial dengan memasukkan nama dan data tempat tinggal KPM di cekbansos.kemensos.go.id.

Pada Juni 2021, bansos BST merupakan perpanjangan dari penyaluran yang dihentikan sementara pada awal Mei 2021 oleh Kementerian Sosial.

Baca Juga: RESMI! Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Hari Ini, Simak Cara Daftar dan Syarat Terbarunya di prakerja.go.id

Cara cek daftar penerima BST Bansos Kemensos Rp 300 ribu secara online sebagai berikut:

  • Lihat tautan cekbansos.kemensos.go.id. (KLIK DI SINI)
  • Masukkan data sesuai KTP: Kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten.
  • Silakan masukkan nama lengkap Anda berdasarkan KTP.
  • Masukkan kode 4 digit yang ditampilkan di kotak kode. Jika kode tidak jelas, klik kotak kode untuk mendapatkan kode terakhir.
  • Klik tombol 'cari'.

Kementerian Sosial mengubah kebijakan penghentian BST sebagai tanggapan atas keinginan para pendukung untuk melaksanakan Program Bantuan Sosial BST untuk membantu masyarakat miskin.

Baca Juga: Sisa Kuota 300 KPM, Bansos PKH Tahap 2 Rp 3 Juta Dikebut Cair Juni 2021: Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Bantuan sosial BST dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu bantuan sosial BST pusat yang disalurkan oleh Kementerian Sosial dari dana APBN negara dan bantuan sosial BST yang disalurkan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta dari dana APBD DKI Jakarta.

Bantuan sosial BST dari Kementerian Sosial disalurkan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia, dan bantuan sosial BST di DKI Jakarta disalurkan bekerjasama dengan Bank DKI.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyarankan agar pemerintah daerah terus memantau penyaluran bansos BST, mencapai tujuannya dan mencegah penggelapan dana bansos untuk hak KPM.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x