4 Cara Bedakan Buku Asli dan Buku Bajakan, Ketahui Sebelum Membeli Buku

- 25 Mei 2021, 19:20 WIB
Salah satu buku karya Tere Liye berjudul 'Selamat tinggal'.
Salah satu buku karya Tere Liye berjudul 'Selamat tinggal'. /Instagram.com/@tereliyewriter

BERITA DIY - Pembajakan buku masih terus dilakukan meskipun beberapa aktor di industri perbukuan Indonesia kerap menyerukaan anti-buku bajakan. Untuk kenali buku asli dan bajakan simak cara-caranya berikut.

Di sejumlah e-commerce masih ditemukan seller yang menjual buku bajak. Hal ini membuat para penulis buku merasa cemas akan kekayaan intelektualnya. Salah satunya adalah Tere Liye.

Pada Senin, 24 Mei 2021 lalu, lelaki bernama asli Darwis itu mengomentari masih adanya penjual buku bajakan di e-commerce yang tak diblokir oleh penyedia platform.

Baca Juga: 3 Cara Amankan Akun agar Anda Tidak Jadi Korban Kobocoran Data

"Apa susahnya sih kalian memahami ini? Kami minta toko bajakan itu di-take down seluruh tokonya, bukan kamu hapus per produk. Ini lucu, ada toko buku bajakan, ratusan produknya ILEGAL, yang kamu hapus cuma produk2. Besok2 itu toko bisa dengan mudah upload lagi produknya," tulisnya dalam unggahan di Facebook pribadinya.

Demi menghargai jerih-payah para pekerja penerbitan, penulis, dan banyak lapisan lainnya yang menggantungkan hidup dari terjualnya buku original. Simak cara membedakan buku asli dan buku bajakan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Kota dan Stadion yang Akan Menjadi Tuan Rumah Euro 2020

Kualitas cover

Buku bajakan punya cover dengan warna yang cenderung pucat atau buram dibanding dengan buku asli. Buku asli biasanya memiliki judul atau bagian yang dicetak timbul.

Biasanya pula, buku bajakan tak presisi dalam pemotongan cover. Berbeda dengan buku asli yang diterbitkan secara serius demi kualitas.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x