Profil Toriq Hadad: Perintis Tempo Interaktif dan Jejak Karirnya di Tempo Media Group

- 8 Mei 2021, 13:10 WIB
Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad meninggal dunia
Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad meninggal dunia /instagram.com/korantempodigital

BERITA DIY - Toriq Hadad, Direktur Utama PT Tempo Inti Media dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta hari ini Sabtu, 8 Mei 2021.

Toriq Hadad dikenal sebagai sosok yang malang-melintang di industri media massa atau pers di Indonesia.

Ia bersama Goenawan Mohamad (GM), Fikri Jufri, Bambang Harymurti, dan Yusril Djalinus merupakan tokoh yang identik dengan Tempo.

Baca Juga: Innalillahi wa innailaihi rojiun, Fadli Zon Berduka atas Meninggalnya Direktur Utama Tempo Toriq Hadad

Toriq Hadad memulai karirnya dengan menjadi reporter Tempo sejak 1984. Ini ia lakukan setelah dia mendapat gelar sarjana pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Toriq kemudian diberi tugas sebagai Kepala Biro di Jawa Timur (1987-1989) dan Kepala Biro Jakarta (1992-1994) sampai Tempo dibredel oleh Presiden Soeharto pada 1994.

Pada 6 Maret 1996, bersama almarhum Yusril Djalinus dan sejumlah wartawan, Toriq mendirikan situs berita online pertama di Indonesia: Tempo Interaktif, yang kini menjadi Tempo.co.

Baca Juga: Kabar Duka Datang dari Dunia Jurnalistik, Direktur Utama Tempo Toriq Hadad Meninggal Dunia

Dikutip dari "Media Online: Pembaca, Laba, dan Etika" karya J. Heru Margianto dan Asep Syaefullah, Tempo Interaktif jadi generasi pertama media online di Indonesia bersama Republika Online, Bisnis Indonesia, Waspada Online di Sumatra dan Kompas Online. 

Toriq kemudian menjadi redaktur eksekutif di Majalah Tempo sejak 1998. Pria kelahiran Surabaya tahun 1960 tidak hanya dikenal sebagai wartawan yang tangguh, tapi juga seorang manajer yang piawai.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x