5 Tradisi Lebaran Berbagai Daerah di Indonesia yang Mungkin Tak Bisa Ditemui Semasa Pandemi

- 12 Mei 2021, 06:37 WIB
Ilustrasi tradisi lebaran.
Ilustrasi tradisi lebaran. /ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.

 

BERITA DIY - Sebentar lagi lebaran Idul Fitri 1442 H akan tiba. Masyarakat muslim sedunia pasti sudah menunggu-nunggu momen hari raya setelah sebulan berpuasa Ramadan.

Rata-rata, masyarakat muslim Tanah Air akan merayakan lebaran dengan berkumpul bersama keluarga untuk menyantap berbagai hidangan seperti ketupat atau opor.

Tak hanya jadi momen berkumpul keluarga, lebaran Idul Fitri juga biasanya akan jadi momentum masyarakat adat di beberapa daerah untuk menggelar upacara tradisi guna merayakan kemenangan hari raya.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat, Ketua MUI: Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada Kamis, 13 Mei 2021

Namun, di masa pandemi covid-19 semua pemandangan itu rasanya sulit untuk dilihat. Pasalnya, pemerintah telah menetapkan agar masyarakat tidak membuat kerumunan untuk menghindari penularan covid-19.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tradisi lebaran di berbagai daerah yang mungkin saja sulit ditemui semasa pandemi.

1. Grebeg Syawal (Yogyakarta)

Tradisi unik ini berupa tradisi pawai adat yang digelar oleh Keraton. Dalam Grebeg Syawal, pawai adat akan mengarak gunungan besar yang dibuat dari berbagai macam hasil bumi.

Baca Juga: Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Terbaru untuk Temani Lebaran Idul Fitri 2021 di Rumah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x