6 Amalan Sunnah Rasulullah SAW di Malam Ramadhan, Kelak Beratkan Timbangan Kebaikan

- 16 April 2021, 20:07 WIB
Amalan malam hari di bulan Ramadhan
Amalan malam hari di bulan Ramadhan /Pixabay.com/pinterastudio

BERITA DIY - Rasulullah saw sebagai suri tauladan umat muslim memberi ajaran-ajaran baik yang bisa kita contoh dalam kehidupan. Terlebih di waktu Ramadhan ini, Rasulullah saw begitu memuliakan kehadirannya.

Waktu malam setelah sholat tarawih hingga menjelang sahur masih bisa dimanfaatkan untuk beribadah. Tak hanya ibadah sholat amalan lain di malam hari seperti tadarus, khotmil qur'an baik untuk dikerakan.

Lantas, apa sajakah amalan-amalan yang baik untuk banyak di bulan Ramadhan? Terlebih di waktu malam hari. Hal ini dilakukan tentunya untuk menjaga puasa kita nanti penuh akan aktivitas yang diberkahi dan diridhoi Allah swt.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Terima Penghargaan Untuk Solo, Ferdinand Hutahaean Sindir Anies Baswedan?

Membaca Al-Qur’an atau tadarus.

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan niscaya pahala yang didapat menjadi berlipat ganda. Rasulullah SAW juga memperbanyak membaca Al-Qur’an di hari-hari Ramadhan.

Seperti cerita dalam hadis Aisyah RA, ia berkata: “Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW membaca Al-Qur’an semuanya, sholat sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad)

Khataman Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an dengan tujuan khataman atau membaca sampai habis dari Surat Al- Baqarah hingga Surat An-Naas dinilai ibadah yang mulia di bulan suci Ramadhan. Ulama terdahulu seperti Imam Syafi’i menghatamkan Al-Qur’an sebanyak 60 kali diwaktu Ramadhan.

Baca Juga: Berulah Lagi! Tindakan Elsa Ini Buat Rafael dalam Mara Bahaya? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini 16 April 2021

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x