Berikut Amalan-Amalan Malam Jumat Seperti yang Dikerjakan Rasulullah dan Keutamaannya

- 1 April 2021, 18:24 WIB
Ilustrasi mengerjakan amalan Malam Jumat.
Ilustrasi mengerjakan amalan Malam Jumat. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY – Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan. Hari Jumat bahkan dikatakan lebih baik dibandinkan Hari Raya Kurban maupun Hari Raya Idul Fitri.

Keistimewaan hari jumat dibandingkan hari lain juga ada dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad yang berbunyi,"Rajanya hari di sisi Allah adalah Hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri.”

Karena keistimewaan dan keutamaannya banyak sekali umat muslim yang disunnahkan melakukan amalan-amalan sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW pada Hari Jumat ataupun Malam Jumat.

Baca Juga: Terbongkar! Andin Temukan Bukti Baru Soal Elsa, Aldebaran akan Bertindak? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Baca Juga: 5 Keutamaan dan Manfaat Sahur Saat Puasa Bulan Ramadhan

Berikut amalan-amalan yang dilakukan Rasulullah SAW pada Hari Jumat maupun Malam Jumat:

Membaca Surat Al-Kahfi

Umat muslim disunnahkan membaca surat Al Kahfi pada Malam Jumat. Membaca surat Al Kahfi tiap malam atau hari jumat bisa membuat hati tenang dan dijauhkan dari fitnah dajjal serta dimudahkan segala urusan.

"Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada Malam Jumat, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x